Analisis Kebutuhan Media Video Pembelajaran Inovatif Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Dalam Pembelajaran Matematika Di SMA N 8 Denpasar
DOI:
https://doi.org/10.36733/pemantik.v3i1.6057Keywords:
Video pembelajaran, pembelajaran matematika, Realistic Mathematics EducationAbstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana kebutuhan SMA Negeri 8 Denpasar terhadap media video pembelajaran inovatif berbasis Realistic Mathematics Education dalam pembelajaran matematika. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dalam kebutuhan media video video pembelajaran inovatif berbasis Realistic Mathematics Education dalam pembelajaran matematika di SMA N 8 Denpasar. (3) Untuk mengetahui faktor kendala dalam kebutuhan media video video pembelajaran inovatif berbasis Realistic Mathematics Education dalam pembelajaran matematika di SMA N 8 Denpasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah guru matematika kelas XII dan siswa kelas XII IPA 7. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Hasil dari penelitian ini adalah (1) 2 guru masuk kategori sangat butuh (100%), 30 peserta didik masuk kategori sangat butuh (75%), dan 10 peserta didik masuk kategori butuh (25%). (2) Faktor pendukung dari guru dan peserta didik yaitu ketersediaan alat yang lengkap untuk membuat, menayangkan video pembelajaran serta akses internet yang memadai. (3) Faktor kendala yang dialami guru dan peserta didik yaitu keterbatasan kemampuan dalam penguasaan teknologi IT, terbatasnya kemampuan dalam membuat, mengedit video dan keterbatasan waktu yang dimiliki. Sedangkan faktor kendala yang dialami siswa adalah munculnya rasa bosan jika durasi video yang disajikan terlalu panjang dan materinya terlalu padat.