Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Bilangan Bulat Dengan Prosedur Newman Pada Siswa

Authors

  • Ribka Dwi Anggraini Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Wena Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Gusti Ayu Made Arna Putri Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Motivasi, Prestasi Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan agar dapat diketahuinya jenis masalah yang dihadapi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Denpasar ketika mereka menganalisis suatu materi matematika tentang operasi hitung bilangan bulat berdasarkan Prosedur Newman dan agar diketahui sebab dari masalah yang muncul ketika siswa kelas VII SMP Negeri 7 Denpasar menganalisis suatu materi tentang operasi hitung bilangan bulat. Penelitian ini berjeniskan deskriptif kualitatif yang proses mengumpulkan data dengan memberlakukan atau menggunakan bahasa tulis dan lisan. Subyek penelitian ini yakni 34 siswa dari kelas VII SMP Negeri 7 Denpasar, yang kemudian dibagi yang terdapat tiga kelompok: tinggi, sedang, dan rendah. Dalam penggunaan metode purposive sampling, dua siswa dipilih dari ketiga kelompok tersebut, sehingga jumlah subjek penelitian menjadi enam orang. Instrumen yang dipakai yaitu uji konstruk (pakar) serta uji validitas isi. Teknik analisis data yang memakai reduksi data, sajian data, kesimpulan dan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang paling sering terjadi adalah kesalahan penulisan jawaban akhir dengan persentase 67,05%. 

Downloads

Published

01-03-2025

Most read articles by the same author(s)