Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat Bulat Positif Berdasarkan Tipe Kesalahan Menurut Kastolan Kelas VII D SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar
DOI:
https://doi.org/10.36733/pemantik.v5i2.12427Keywords:
Analisis Kesalahan, Kastolan, Bilangan Berpangkat Bulat positifAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan agar dapat diketahuinya jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar ketika menganalisis suatu materi matematika tentang bilangan berpangkat bulat positif berdasarkan tipe kesalahan menurut kastolan dan agar diketahui penyebab dari kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar menganalisis suatu materi tentang bilangan berpangkat bulat positif. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif dengan teknik wawancara dan tes tertulis. Subjek penelitian ini yakni 24 siswa dari kelas VII SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar, kemudian dibagi yang terdiri dari tiga kelompok: tinggi, sedang, rendah. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, dua siswa dipilih dari ketiga kelompok tersebut, sehingga jumlah subjek penelitian menjadi enam orang. Instrumen yang dipakai yaitu uji konstruk (pakar) dan uji validitas isi. Teknik analisis data yang menggunakan reduksi data, sajian data, kesimpulan dan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang paling sering terjadi adalah kesalahan prosedural dengan persentase 38%.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Karolina Mali, I Made Wena, I Putu Ade Andre Payadnya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.