RESPON SISWA TERHADAP DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA: STUDI KASUS PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI BERBASIS ETHNO-RME DAN INTERACTIVE E-MODULE

Authors

  • I Putu Ade Andre Payadnya Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Rahayu Puspadewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Gde Iwan Setiawan Univeritas PGRI Mahadewa Indonesia

Keywords:

Analisis, Ethno-RME, Geometri, Interactive E-Module, Respon Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respon siswa terhadap desain pembelajaran matematika berbasis budaya, khususnya dalam pembelajaran geometri. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengkaji bagaimana siswa merespons desain pembelajaran yang mengintegrasikan elemen budaya lokal dengan teknologi digital. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen, dengan partisipan siswa dari empat sekolah di Bali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memberikan respon positif terhadap desain pembelajaran yang mengintegrasikan budaya lokal, seperti penggunaan Sanggah Cucuk sebagai media pembelajaran. Siswa merasa lebih termotivasi dan terlibat aktif dalam pembelajaran, serta mampu menghubungkan konsep matematika dengan konteks budaya mereka. Temuan ini menegaskan pentingnya merancang pembelajaran yang relevan dengan budaya siswa untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman mereka dalam matematika.

Published

01-03-2025

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>