ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP PADA SISWA KELAS VII C SMP SAPTA ANDIKA DENPASAR
DOI:
https://doi.org/10.36733/pemantik.v3i1.6389Keywords:
analisis kesalahan, PISA, change and relationship, NoltingAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII C SMP Sapta Andika Denpasar dalam menyelesaikan soal PISA konten change and relationship dengan menggunakan teori Nolting. Data dikumpulkan dengan metode tes dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 6 orang siswa dengan masing-masing siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Setiap hasil subjek penelitian dianalisis untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan menggunakan teori Nolting kemudian dilakukan wawancara untuk mendeskripsikan faktor-faktor penyebab kesalahan siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal PISA konten change and relationship berdasarkan teori Nolting adalah (1) misread-direction errors (kesalahan membaca petunjuk), yang meliputi siswa tidak menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dalam soal (2) concept errors (kesalahan konsep) yang meliputi siswa tidak mengetahui rumus yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal (3) application errors (kesalahan penerapan) yang meliputi siswa mengetahui rumus (konsep) namun tidak dapat menerapkannya dalam mengerjakan soal (4) test-talking errors (kesalahan pengerjaan tes) yang meliputi siswa tidak menyelesaikan jawaban dari soal yang yang diberikan dan siswa tidak menyimpulkan jawaban dari soal yang diberikan. Faktor-faktor dari penyebab kesalahan siswa adalah siswa kurang teliti dalam mengerjakan soal, siswa terlalu terburu-buru dan siswa kurang berlatih soal PISA.