MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI POWTOON BAGI SISWA KELAS VIIID SMP SILA DHARMA DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.36733/pemantik.v2i2.5255Keywords:
hasil belajar, video pembelajaran, aplikasi powtoonAbstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIID SMP Sila Dharma Denpasar tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 39 siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah: data aktivitas belajar siswa yang dikumpulkan melalui dengan teknik observasi, dan data prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan teknik tes yang dilakukan tiap pada akhir siklus. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskritif komparatif. PTK ini dilakukan sampai dua siklus. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dengan rata-rata skor aktivitas belajar beserta kategorinya pada siklus I dan siklus II berturut-turut yaitu: 11,79 dan 15,21 dengan kategori “cukup aktif” dan “aktif”. Berdasarkan hasil analisis prestasi belajar siswa diperoleh bahwa terjadi peningkatan rata-rata nilai prestasi belajar siswa (X), ketuntasan belajar (KB), dan daya serap (DS) pada siklus I sebesar 63,94; 63,94%; dan 51,28%; dan pada siklus II sebesar 78,15; 78,15%; dan 76,92%.