PENGARUH LIKUIDITAS, LEVERAGE DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2018-2020

Authors

  • Ni Made Mia Yuwita Sari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Agus Wahyudi Salasa Gama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Yeni Astiti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

nilai perusahaan, likuiditas, leverage, kepemilikan institusional

Abstract

Nilai perusahaan tersebut mencerminkan nilai aset yang dimiliki oleh suatu perusahaan yang biasa disebut sebagai kekayaan berupa uang, wujud benda atau saham perusahaan. Nilai perusahaan dapat dilihat dari kinerja perusahaan yang dapat diukur dengan rasio keuangan. Rasio keuangan yang digunakan antara lain likuiditas, leverage dan kepemilikan institusional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, leveragedan kepemilikan institusional terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2020.

            Populasi penelitian ini sebanyak 193 unit perusahaan manufaktur dengan teknik purposive sampling, yaitu penentuan sampel berdasarkan kesesuaian karakteristik dan kriteria tertentu sehingga diperoleh sampel sebanyak 73 perusahaan, sehingga total sampel selama 2018-2020 adalah 219 unit perusahaan. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.

            Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel likuiditas, leverage dan kepemilikan institusional berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan.

References

Angela, S, Maria. 2019. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mahasarawati. Denpasar.

Aulle, Desmi Irma. (2018). Pengaruh Pritabilitas, Likuiditas, Solvabilitas dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perushaan Food And Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016. Jurnal. Fakultas Ekonomi dan Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi. Manado. Vol.6 No.2.

Brigham, Eugene F. Dan J.F. Houston. 2010. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi 11. Jakarta.

Dewantari, N. L. S., Cipta, W., & Susila, G. P. A. J. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Leverage Serta Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Food and Beverages Di Bei. Prospek: Jurnal. Program Studi Mamajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja. Vol. 1 No. 2.

Dewi, L. S., & Abundanti, N. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Kepemilikan Institusional Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal. Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.Vol. 8 No. 10. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD

Dharmaputra, Ngurah Agung I Gusti. 2021. Pengaruh Profitabilias, Leverage, Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universtas Mahasaraswati. Denpasar.

Fitriani, P. M. P. 2021. Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Dewan Komisaris Independen dan Komite Audit Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Di Indonesia. Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati. Denpasar.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Handayani, Brilliant Putu Pande. 2021. Pengaruh Likuiditas, Leverage, dan Kepemilikan Intitusional Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Otomotif Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati. Denpasar..

Hery, S.E., M.Si., CRP., RSA., CFRM. 2017, Kajian Riset Akuntansi Mengulas Berbagai Hasil Penelitian Terkini dalam Bidang Akuntansi dan Keuangan. Jakarta : PT Grasindo.

Hendayana, Y., & Riyanti, N. (2019). Pengaruh Inflasi, Suku Bunga, Likuiditas dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan . Jurnal. Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam As- As-Syafi’iyah. Jakarta. Vol. 2 No. 1.

Indrarini, Silvia. 2019. Nilai Perusahaan Melalui Kualitas Laba (Good Governance dan Kebijakan Perusahaan). Surabaya : Scopindo.

Israel, C., Mangantar, M., & Saerang, I. S. (2018). Pengaruh Struktur Modal, Kepemilikan Institusional Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di BEI. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi. Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi. Manado. Vol 6 No.

Kasmir. 2019. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Permana, A. A. N. B. A., & Rahyuda, H. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas, Likuiditas, Dan Inflasi Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen.Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Vol. 8 No. 3.https://doi.org/10.24843/EJMUNUD

Pramana, Yuda I Putu. 2021. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Manajerial, Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mahasaraswati. Denpasar.

Pratiwi, Risca. 2018. Pengaruh Struktur Kepemilikan Manajerial, Struktur Kepemilikan Institusional dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Program Studi

Rahmawati, Farida. 2019. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015 – 2017.Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati. Denpasar.

Smithers. Andrew dan Wright. Stephen., (2007). Valuing Wall Street. McGraw Hill.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV Alfabeta.

Suparlan. 2019. Analisis Pengaruh Kepemilikan Institusional Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Proporsi Dewan Komisaris Independen Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015).Jurnal. Program Studi Akuntansi Dan Keuangan Syariah Fakultas Ekonomi Universitas Gunung Rinjani. Vol. 2 No 1.

Tirtawati. Ayu, N. W. 2021.

Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Dan Ukuran Perusahaan Pada Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019. Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mahasaraswati. Denpasar.

Windayani, Ni Putu. 2019. Pengaruh Kepemilikan Institusional,Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Property And Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati. Denpasar.

Yuningsih, Ni Nyoman. 2019. Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kebijakan Deviden Dan Investment Opportunity Set Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016- 2018. Skripsi.Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mahasaraswati. Denpasar.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles