EFEKTIVITAS EKSTRAK TONGKOL JAGUNG (Zea mays L.) SEBAGAI DIURETIKA PADA TIKUS PUTIH JANTAN GALUR WISTAR (Rattus norvegicus)

Authors

  • I Gusti Agung Ayu Kusuma Wardani Fakultas Farmasi Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/medicamento.v5i2.432

Keywords:

diuretika; tongkol jagung; urin

Abstract

Diuretika adalah zat yang bekerja langsung pada ginjal dengan meningkatkan produksi urine. Diuretika dipakai pada pengobatan edema, hipertensi, dan batu ginjal. Tongkol jagung merupakan salah satu bahan alam yang belum dimanfaatkan secara maksimal untuk pengobatan, namun mengandung senyawa flavonoid yang dapat berfungsi sebagai diuretika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas ekstrak tongkol jagung (Zea mays L.) sebagai diuretika pada tikus putih jantan galur wistar (Rattus Norvegicus). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan yang digunakan yaitu randomized control group post test only design, dengan menggunakan 28 ekor tikus putih jantan yang dibagi menjadi 4 kelompok perlakuan. Kelompok kontrol negatif (P1) diberikan CMC - Na, kelompok kontrol positif (P2) diberikan suspensi furosemide, sedangkan kelompok perlakuan 1 (P3) diberikan suspensi ekstrak tongkol jagung 250 mg/KgBB dan kelompok perlakuan 2 (P4) diberikan ekstrak tongkol jagung 500 mg/KgBB secara oral. Data dianalisis secara statistika menggunakan SPSS ver.16, diketahui bahwa paling tidak terdapat perbedaan antara dua kelompok dengan nilai p < 0,05 yang didapat dari uji Kruskall Wallis, kemudian dilanjutkan dengan uji Mann-Withney untuk melihat adanya perbedaan antara tiap kelompok dan didapatkan hasil yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol negatif (CMC-Na) dengan kelompok kontrol positif (furosemide), ekstrak tongkol jagung dosis 250 mg/KgBB dan ekstrak tongkol jagung dosis 500 mg/KgBB dengan nilai p < 0,05 sedangkan kelompok kontrol positif (furosemide) tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan kelompok ekstrak tongkol jagung 500 mg/KgBB dengan nilai p > 0,05.

Author Biography

I Gusti Agung Ayu Kusuma Wardani, Fakultas Farmasi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Farmakologi dan Farmasi Klinik

Downloads

Published

2019-09-30

How to Cite

Wardani, I. G. A. A. K. (2019). EFEKTIVITAS EKSTRAK TONGKOL JAGUNG (Zea mays L.) SEBAGAI DIURETIKA PADA TIKUS PUTIH JANTAN GALUR WISTAR (Rattus norvegicus). Jurnal Ilmiah Medicamento, 5(2). https://doi.org/10.36733/medicamento.v5i2.432

Issue

Section

Original Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>