Aktivitas Antibakteri Yogurt Susu Phaseolus vulgaris L. dan Phaseolus radiatus L. dengan Penambahan Madu terhadap E. coli, S. aureus, dan Extended Spectrum β-Lactamase (ESBL)

Authors

  • Iif Hanifa Nurrosyidah STIKES Rumah Sakit Anwar Medika
  • Amriyati Fitriana Kusumastuti STIKES Rumah Sakit Anwar Medika
  • Dimas Candra Rahmadani STIKES Rumah Sakit Anwar Medika
  • Erdina Kusumastuti STIKES Rumah Sakit Anwar Medika

DOI:

https://doi.org/10.36733/medicamento.v7i2.1756

Keywords:

bakteri, ESBL, Infeksi, Kacang Hijau, Kacang Merah, Madu, yogurt

Abstract

Infeksi merupakan penyakit yang menjadi masalah kesehatan di seluruh dunia termasuk Indonesia. Saat ini probiotik banyak dikembangkan untuk mengatasi atau mencegah berbagai penyakit, salah satunya yaitu infeksi. Penelitian ini dilakukan uji aktivitas antibakteri pada yogurt susu kacang merah dan kacang hijau dengan madu terhadap bakteri Escherichia coli​, Staphylococcus aureus, Extended spectrum β -lactamase​​ (ESBL), dan Methicillin resistant staphylococcus aureus (MRSA) dengan metode cakram. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh aktivitas antibakteri dari yogurt tersebut adalah sedang sampai kuat.

Author Biographies

Amriyati Fitriana Kusumastuti, STIKES Rumah Sakit Anwar Medika

Program Studi Sarjana Farmasi

Dimas Candra Rahmadani, STIKES Rumah Sakit Anwar Medika

Program Studi Diploma Tiga Farmasi

Erdina Kusumastuti, STIKES Rumah Sakit Anwar Medika

Program Studi Diploma Tiga Farmasi

References

Finarsih, F. (2014). Uji Kualitas Yogurt Susu Sapi dengan Penambahan Madu dan Lactobacilus bulgaricus pada Konsentrasi yang Berbeda.

Firdaus,T. (2014). Evektivitas Ekstrak Bawang Dayak (Eleutherine Palmifolia) Dalam Menghambat Pertumbuhan Bakteri Staphylococcus Aureus. Skripsi,14.

Haryati, dkk. (2017). Perbandingan Efek Ekstrak Buah Alpukat (Persea americana Mill) Terhadap Pertumbuhan Bakteri Pseudomonas Aeruginosadengan Metode Disk dan Sumuran. Prosiding Seminar Nasional Publikasi Hasil-Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 348.

Nurrosyidah, I. H., & Mertaniasih, N. M. (2020). Potential Probiotic from Indigenous Indonesian Red Passion Fruit (Passiflora edulis Sims). Systematic Reviews in Pharmacy, 11(8), 123-130.

Retnaningsih, dkk. (2019). Uji Daya Hambat Ekstrak Etanol Biji Pepaya Terhadap BakteriEscherichia colidan Shigella dysentriae dengan Metode Difusi Sumuran.Jurnal Analisis Farmasi, 122 – 129.

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Iif Hanifa Nurrosyidah, Kusumastuti, A. F., Rahmadani, D. C., & Kusumastuti, E. (2021). Aktivitas Antibakteri Yogurt Susu Phaseolus vulgaris L. dan Phaseolus radiatus L. dengan Penambahan Madu terhadap E. coli, S. aureus, dan Extended Spectrum β-Lactamase (ESBL). Jurnal Ilmiah Medicamento, 7(2), 90–94. https://doi.org/10.36733/medicamento.v7i2.1756

Issue

Section

Original Articles