PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI TERADAP MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING (PjBL) DALAM PEMBUATAN ALAT PERAGA BERBASIS LINGKUNGAN

Authors

  • Maria Fransiska Kurniawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Dewa Ayu Puspawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Bagus Ari Arjaya Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v12i1.2831

Keywords:

Persepsi, Project base learning, Alat peraga, Lingkungan

Abstract

Project-based Learning (PjBL) merupakan model pembelajaran yang menitikberatkan pada pembelajaran berbasis proyek, yaitu peserta didik diberi proyek/tugas yang dapat meningkatkan kreativitas setiap individu. Alat peraga berbasis lingkungan adalah sarana/alat yang terbuat dari bahan-bahan bekas, mudah ditemukan disekitar lingkungan dan dapat dipergunakan agar proses pembelajaran berlangsung dengan baik.  Tujuan penelitian ini untuk membandingkan persepsi mahasiswa pendidikan biologi terhadap model pembelajaran PjBL dalam pembuatan alat peraga berbasis lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2021. Penelitian ini merupakan ex post facto dengan rancangan penelitian pendekatan deskriptif kuantitatif yang melibatkan mahasiswa program studi Pendidikan Biologi sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang disebarkan melalui Google Form. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, melalui penyajian tabel frekuensi, histogram, dan statistik inferensial menggunakan ANOVA. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan persepsi mahasiswa biologi terhadap model pembelajaran PjBL dalam pembuatan alat peraga berbasis lingkungan antara semester IV, VI dan VIII dengan nilai signifikansi sebesar 0,007<0,05. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat perbedaan persepsi dari mahasiswa pendidikan biologi terhadap model pembelajaran PjBL dalam pembuatan alat peraga berbasis lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2014). Desain Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama

Irawan, N. & Ardi. (2013). Kreativitas Siswa Pada Materi Daur Ulang Limbah dengan Menggunakan Model Project Base Learning di Kelas X SMAN 1 Gunung Alip. Jurnal ilmiah, 8(2),58-63.

Putri, R. D., Megasari, R., Rahmawati, D., & Munir, S. (2018). Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Pembelajaran Kolaboratif Untuk Internalisasi Karakter Wirausaha Di Pendidikan Tinggi. Jurnal Pndidikan Ekonomi, 11(2), 151-159. Diakses pada Februari 2021 Pada http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/5392

Sunardi, S. (2019). Persepsi Mahasiswa Calon Guru Biologi Terhadap Pembelajaran Project Base Learning Dalam Pembuatan Alat Peraga Biologi. The 9th University Research Colloqium (Urecol), 9(2). Diakses Pada Februari 2021 http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/urecol9/article/view/693/591

Walgito, B. (2010). Psikologi Sosial Suatu Pengantar. Yogyakarta:Andi Offset.

Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tujuan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi

Downloads

Published

2022-03-31