Uji Aktivitas Analgesik Gel Bulung Boni (Caulerpa Sp.) terhadap Mencit Putih (Mus musculus)

  • Ni Luh Putu Erika Putri Jayantini Universitas Udayana
  • Ni Putu Trisna Ayundita Universitas Udayana
  • I Putu Aditya Mahaputra Universitas Udayana
  • Firlyandhika Dwi Fatturochman Universitas Udayana
  • Anak Agung Gede Rai Yadnya Putra Universitas Udayana
Keywords: analgesik, analgesic, Boni gel, gel Boni, nyeri, pain

Abstract

Nyeri merupakan perasaan emosional dan sensoris yang menimbulkan rasa tidak nyaman, berhubungan dengan (ancaman) jaringan yang rusak. Analgetika merupakan suatu zat yang mengurangi  rasa nyeri tanpa membuat pingsan atau hilang kesadaran (perbedaan dengan anestetika umum). Hewan yang digunakan sebagai hewan coba yaitu mencit (Mus musculus). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan onset dari masing-masing konsentrasi gel boni yang diuji. Penelitian yang dilakukan berupa eksperimental dengan menggukan metode hot plate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ditemukan onset pada gel boni dengan konsentrasi 0.25% karena kurva masih menaik. Onset yang diperoleh pada gel boni dengan konsentrasi 0.5% yaitu terjadi pada menit ke 90 dimana area di bawah kurva yaitu 4248 yang menunjukan persen aktivitas yang dimiliki. Onset yang diperoleh pada gel boni dengan konsentrasi 0.75 % yaitu terjadi pada menit ke 90 dimana area di bawah kurva yaitu 5112 yang menunjukan persen aktivitas yang dimiliki. Semakin besar konsentrasi yang diberikan maka efek analgesik yang timbul akan semakin besar. Berdasarkan penelitian tersebut maka diperoleh data yang tedistribusi normal dan homogen serta memiliki hasil uji ANOVA one way dengan nilai P>0.05 yang berarti tidak ada perbedaan bermaknan anatara ketiga konsentrasi terhadap kontrol positif. Dari ketiga konsentrasi tersebut yang paling efektif memberikan efek analgesik yaitu konsentrasi 0.75%.

Author Biographies

Ni Luh Putu Erika Putri Jayantini, Universitas Udayana

Program Studi Farmasi

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Ni Putu Trisna Ayundita, Universitas Udayana

Program Studi Farmasi

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

I Putu Aditya Mahaputra, Universitas Udayana

Program Studi Farmasi

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Firlyandhika Dwi Fatturochman, Universitas Udayana

Program Studi Farmasi

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Anak Agung Gede Rai Yadnya Putra, Universitas Udayana

Program Studi Farmasi

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

References

Cahyaningsih, N.K., D.A. Satriawati, I.G.P.A.P. Wicaksana, S. Yulita, N.N.F. Sukarmini, N.K.W. Astuti, A. A. G. R. Y.-P. (2019). Uji Aktivitas Analgesik Ekstrak Etanol Daun Jeruk Limau (Citrus amblycarpa (Haskk.) Ocshe) pada Mencit Jantan Galur Balb/C dengan Metode Hot Plate. Jurnal Farmasi Udayana, 8(1), 36–43.

Malole, M.M.B, P. (1989). Penggunaan Hewan – Hewan Percobaan Laboratorium. DitJen Pendidikan Tinggi Pusat Antar Universitas Bioteknologi.

Mishra, D., G. Ghosh, P. S. Kumar, and P. K. P. (2011). An Experimental Study Of Analgesic Activity Of Selective Cox-2 Inhibitor With Conventional NSAID’s. Asian Journal of Pharmaceutical and Clinical Research, 4(11), 78–81.

Simon D., H. Stampher, and J. H. M. (2017). When less is more-efficacy with less toxicy, at the ED50. British Journal of Clinical Pharmacology, 83(1), 1365–1368.

Tjay, T. H., Rahardja, K. (2007). Obat-Obat Penting Khasiat, Penggunaan dan Efek-Efek Sampingnya (Edisi Keen). PT. Elex Media Komputindo.

Tosiyah., K. S. Marhaeni., A. P. (2016). Kemampuan Ekstrak Rumput Laut Bulung Boni (Caulerpa Sp.) Dalam Menghambat Pertumbuhan Aspergillus Flavus Pada Biji Jagung. Jurnal Plumula, 5(2), 168–178.

Published
2021-03-31
How to Cite
Jayantini, N. L. P. E. P., Ayundita, N. P. T., Mahaputra, I. P. A., Fatturochman, F. D., & Putra, A. A. G. R. Y. (2021). Uji Aktivitas Analgesik Gel Bulung Boni (Caulerpa Sp.) terhadap Mencit Putih (Mus musculus). Jurnal Ilmiah Medicamento, 7(1), 27-31. https://doi.org/10.36733/medicamento.v7i1.1502