Efektivitas Analgesik Ekstrak Etil Asetat Daun Kersen (Muntingia calabura L.) pada Mencit Putih (Mus musculus) dengan Metode Rangsangan Panas (Hot Plate Method)

Authors

  • I Gusti Agung Ayu Kusuma Wardani Fakultas Farmasi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Agus Sunadi Putra Fakultas Farmasi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ketut Agus Adrianta Fakultas Farmasi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Nyoman Wahyu Udayani Fakultas Farmasi Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/medicamento.v7i1.1385

Keywords:

analgesik, daun kersen, panas

Abstract

Abstrak: Bali merupakan salah satu provinsi dengan tingkat penggunaan obat analgesik yang terus meningkat. Penggunaan obat analgesik dalam jangka panjang dapat menimbulkan efek samping. Sehubungan dengan hal tersebut, orientasi masyarakat saat ini telah beralih ke alam, “ back to nature” yang membawa masyarakat kembali memanfaatkan bahan alam, termasuk pengobatan dengan tanaman berkhasiat obat. Salah satunya tumbuhan yang berkhasiat sebagai obat analgesik secara empiris yaitu daun kersen (Mutingia calabura L.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas analgesik ekstrak daun kersen pada mencit putih (Mus Musculus). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan menggunakan metode rangsangan panas pada suhu 550C. Pada penelitian ini menggunakan hewan uji mencit putih yang dibagi dalam lima kelompok masing-masing terdiri dari 5 ekor mencit. Kelompok kontrol positif diberi asam mefenamat 1,3 mg/20 g BB, kelompok kontrol negatif diberi minyak kelapa 0,5 ml/20 g BB, kelompok uji diberi ekstrak daun kersen dengan dosis 100 mg/KgBB, 125 mg/KgBB dan 150 mg/KgBB. Pengujian efek analgesik dilakukan pada menit ke-60. Dari hasil uji Tukey Test menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap waktu munculnya respon nyeri antara kelompok kontrol positif dengan kelompok perlakuan (ekstrak dosis 125mg/KgBB dan 150mg/KgBB) dengan nilai signifikan secara berturut-turut 0.914 dan 0,996. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bawah ekstrak etil asetat daun kersen dosis 125mg/KgBB efektif sebagai analgesik pada mencit jantan.

 

Author Biographies

I Gusti Agung Ayu Kusuma Wardani, Fakultas Farmasi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Departemen Farmakologi dan Farmasi Klinik

Program Studi Diploma Tiga Farmasi

I Made Agus Sunadi Putra, Fakultas Farmasi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Departemen Farmakologi dan Farmasi Klinik

Program Studi Sarjana Farmasi

Ketut Agus Adrianta, Fakultas Farmasi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Departemen Farmakologi dan Farmasi Klinik

Program Studi Sarjana Farmasi

Ni Nyoman Wahyu Udayani, Fakultas Farmasi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Departemen Farmakologi dan Farmasi Klinik

Program Studi Sarjana Farmasi 

Downloads

Published

2021-03-25

How to Cite

Wardani, I. G. A. A. K., Putra, I. M. A. S., Adrianta, K. A., & Udayani, N. N. W. (2021). Efektivitas Analgesik Ekstrak Etil Asetat Daun Kersen (Muntingia calabura L.) pada Mencit Putih (Mus musculus) dengan Metode Rangsangan Panas (Hot Plate Method). Jurnal Ilmiah Medicamento, 7(1). https://doi.org/10.36733/medicamento.v7i1.1385

Issue

Section

Original Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>