PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG TABUNG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS IX.I SMP NEGERI 2 KUTA SELATAN TAHUN AJARAN 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.36733/pemantik.v4i1.9600Keywords:
Bangun Ruang Sisi Lengkung Tabung, Model Problem Based Learning, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk peningkatkan prestasi hasil belajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dari penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Kuta Selatan, dengan melibatkan 30 orang siswa terdiri dan 14 orang laki-laki dan 16 orang perempuan pada semester Genap pada kelas IX.I Tahun Pelajaran 2023/2024. Objek penelitian adalah prestasi belajar siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung Tabung. Metode yang digunakan Untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penelitian ini, digunakan tes dan observasi sehingga didapatkan data yang valid untuk mengetahui prestasi belajar siswa dengan bantuan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil tes siswa dari sebelum melakukan tindakan hingga pelaksanaan siklus II. Hasil rata-rata kelas pada prasiklus sebesar 60. Pada siklus I meningkat sebesar 73 dan pada siklus II meningkat 79. Secara klasikal, hasil belajar sudah meningkat melalui penelitian ini yaitu 80% pada siklus I menjadi 93% pada siklus II.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.