TELL AND SHOW: STRATEGIES FOR IMPROVING STUDENTS' WRITING

Authors

  • Ni Kadek Rovida Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Krismayani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Dewa Gede Agung Gana Kumara Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v14i1.7775

Keywords:

Kemampuan Menulis, Tell-Show

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk keefektifan metode pembelajaran tell-show dalam meningkatkan tingkat kemampuan menulis pada siswa kelas VIII di SMPN 2 Ubud tahun ajaran 2022/2023. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, digunakan pre-test, post-test, dan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Berdasarkan hasil pre-test pra siklus diketahui bahwa subjek mempunyai kemampuan menulis yang baik, khususnya dalam membuat paragraf deskriptif. Setelah itu, metodetell-show digunakan untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas. Hasil post-test 1 sesi kedua menunjukkan bahwa kemajuan subjek kurang dari pre-test sebelumnya. Lebih lanjut, hasil post-test 2 menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan menulis, yaitu dari baik menjadi sangat baik. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa reaksi positif siswa terhadap metode yang digunakan. Kesimpulannya, penelitian ini menunjukkan bahwa metode tell-show dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas VIII di SMPN 2 Ubud pada tahun ajaran 2022/2023. Selain itu, para siswa juga memberikan tanggapan positif terhadap metode ini. Guru Bahasa Inggris di SMPN 2 Ubud disarankan untuk menggunakan tell-show untuk memudahkan siswa dalam menulis. Guru juga dapat memberikan fakta pendukung dalam bentuk gambar yang sesuai dengan topik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amobi, F. (2005). Preservice teachers’ reflectivity on the sequence and consequences of teaching actions in a microteaching experience. Teacher Education Quarterly, 32(1), 115–128. http://www.teqjournal.org/backvols/2005/32_1/amobi.pdf

Ary, D., Jacobs, L. C., Sorensen, C., & Razavieh, A. (2010). Introduction to research in education (8th ed.). Wadsworth.

May Al-Gharabally. (2015). The writing difficulties faced by L2 learners and how to minimize them. International Journal of English Language and Linguistics Research, 3(5), 42–49.

Murtini, N. ., Budiarta, I. ., & Krismayani, N. . (n.d.). Penerapan competitive simultaneous roundtable dalam upaya peningkatan kemampuan menulis.

Murtini, N. M. W., Komang Budiarta, I., & Wayan Krismayani, N. (2018). Implementasi Metode Peer Learning Dengan Media Postcard untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa. 58–63.

Silalahi, Tiodora Fermiska; Syahyana, U. (2022). The application of Show and Tell (S & T) Technique in Teaching Writing at MTSS AL-Washliyah Serbelawan. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 4(2), 134–141.

Spahr, J. (2018). How to teach writing. In Overland (Vols. 2018-Winte, Issue 231, pp. 3–7).

Suhonno, S., & Sari, Y. A. (2018). Applaying Tell and Show Strategy of Descripitive. Vol 6 No 1 (2018): Pedagogy: Journal of English Language Teaching, 23–36.

Wahyuni, K. A. T., Budiarta, I. K., & Maharani, A. A. P. (2021). The use of tell-show combined with picture to improve writing skill of the tenth-grade students of SMKN 1 Susut. Academic Journal on English Studies, 1(2).

Yen Phuong, H., Van den Branden, K., Van Steendam, E., & Sercu, L. (2015). The impact of PPP and TBLT on Vietnamese students’ writing performance and self-regulatory writing strategies. ITL - International Journal of Applied Linguistics, 166(1), 37–93. https://doi.org/10.1075/itl.166.1.02yen

Downloads

Published

2024-03-29