STRATEGI PEMBELAJARAN KWL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DALAM MEMPELARI TEORI SASTRA

Authors

  • I Gusti Agung Putri Wirastuti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anak Agung Istri Yudhi Pramawati Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v11i3.2100

Keywords:

Strategi pembelajaran KWL, peningkatan prestasi belajar, teori studi literatur

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menerapkan strategi KWL (Know, Want to know and Learn) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mempelajari teori sastra. Dalam penelitian ini, peneliti mengumpulkan data dari mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Mahasaraswati Denpasar yang mengambil mata kuliah Introduction to Literature. Strategi ini dapat membantu mahasiswa untuk memahami teori dan dalam KWL juga membantu dosen agar mahasiswa tetap termotivasi dan tertarik ketika mereka berpikir tentang apa yang ingin mereka ketahui dan apa yang telah mereka pelajari. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pre-test, post-test dan angket di akhir siklus. Selanjutnya peneliti menggunakan teknik tes berupa tes lisan untuk semua siklus. Target pencapaian atau ketuntasan belajar siswa adalah A sebesar 50%, B sebesar 40%, C sebesar 10%, dan D 0%. Dari hasil nilai rata-rata siswa terjadi peningkatan secara signifikan. Selain itu, hasil angket yang telah diberikan menunjukkan bahwa mahasiswa merespon positif penerapan strategi KWL dalam prestasi belajar mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket bahwa lebih dari 90% memberikan respon yang baik bahwa strategi KWL dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa dalam teori sastra.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-09-30