THE USE OF TALKING CHIPS TO IMPROVE STUDENTS’ SPEAKING SKILL

Authors

  • I Gusti Agung Putri Wirastuti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Dewa Ayu Ari Wiryadi Joni Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Nyoman Ayu Fuji Saraswati Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v13i2.6901

Keywords:

Peningkatan, Chip Berbicara, Keterampilan Berbicara

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penggunaan talking chips untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas sepuluh SMAN 2 Mengwi pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dibagi menjadi dua siklus, masing-masing terdiri dari dua sesi. Peneliti menilai subjek dengan menggunakan rubrik penilaian berdasarkan tiga kriteria; kefasihan, pemahaman, dan tata bahasa. Penelitian dimulai dengan memberikan pretest kepada subjek yang diteliti. Skor rata-rata dalam pre-test menunjukkan angka 51,80. Hasil skor post-test pada siklus I menunjukkan peningkatan angka rata-rata sebesar 80,91. Hasil skor post test yang diperoleh subjek yang diteliti pada siklus II menunjukkan angka mean yang meningkat yaitu 91,46. Kemudian, data dianalisis dengan membandingkan hasil pre-test dan post-test. Peningkatan keterampilan berbicara siswa. Hasil dari pemberian kuesioner menunjukkan bahwa 62,62% subjek sangat setuju, 30,99% setuju, 6,20% ragu-ragu, 0,13% tidak setuju dan 0,06% sangat tidak setuju dengan penggunaan talking chips dalam meningkatkan kemampuan berbicara. Respon siswa positif terhadap penerapan talking chips.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardi, A., Joni, D. A. A. W., Wirastuti, I G. A. P. The Use of Storytelling Assisted with Picture Series to Improve Speaking Skill https://ojs.ipbcirebon.ac.id/index.php/educationtracker/article/view/106

Brown, H. D. (2004). Language Assessment: Principles and Classroom Practice. New York: Person Education.

Cohen, L. (2007). Sixth Edition: Research Methods in Education. London: Routledge.

Ferrance. E. (2000). Action Research. New York: Northeast and Islands.

Pollard, A. (2008). Reflective Teaching 3rd Edition: Evidence Informed Professional Practice. Continuum International Publishing Group.

Richards, J. C. (2008). Teaching Listening and Speaking: From Theory to Practice: Cambridge: Cambridge University Press.

Downloads

Published

2023-09-29