Analisis Kerusakan Jalan dan Solusi Penanganannya pada Ruas Jalan Raya Manggis – Jalan Raya Sengkidu Kabupaten Karangasem
DOI:
https://doi.org/10.36733/jikt.v14i2.12580Keywords:
PCI, Kerusakan Jalan, Perawatan Jalan, Penilaian KondisiAbstract
Perkerasan jalan merupakan merupakan lapisan perkerasan yang terletak di antara lapisan tanah dasar dan roda kendaraan, yang berfungsi memberikan pelayanan kepada sarana transportasi, dan selama masa pelayanannya diharapkan tidak terjadi kerusakan yang berarti. Oleh karena itu, penting nya melakukan penelitian secara rutin terhadap kondisi perkerasan jalan guna menentukan tingkat kerusakan dan solusi penanganan jalan tersebut. Salah satu penilaian jalan adalah dengan menggunakan system PCI, dimana kerusakan ruas jalan akan diukur secara manual dan dengan menggunakan standar yang akan dilakukan penilaian.Metode penelitian ini melibatkan pengumpulan data di lapangan mengenai kondisi perkerasan jalan, jenis kerusakan, serta dimensi kerusakan. Hasil penilaian kondisi perkerasan jalan dapat digunakan sebagai dasar mengambil keputusan terkait solusi penanganan diantaranya perawatan, perbaikan, atau rehabilitas perkerasan jalan yang di perlukan. Dalam penelitian yang sudah dilakukan, didapatkan nilai rata-rata PCI sebesar 20 (Very Poor). Penanganan teknis yang dapat diterapkan pada ruas jalan raya manggis- jalan raya sengkidu adalah P1 (Penebaran Pasir), P2 (Pengaspalan), P5 (Penambalan Lubang), P6 (Perataan).
References
Adiman, E. Y., Sebayang, M., Ermiyati, & Morena, Y. (2023). the Durability of Stone Matrix Asphalt (Sma) Mixtures Designed Using Reclaimed Asphalt Pavement (Rap) Aggregates Against Floodwater Immersion. Journal of Applied Engineering and Technological Science, 4(2), 921–928. https://doi.org/10.37385/jaets.v4i2.1842
American Society for Testing and Materials. (2023). D 6433 Standard Practice for Roads and Parking Lots Pavement Condition Index Surveys. 04.03, 1–48.
Andriansyah, S., & Nurhasanah. (2020). Seminar Nasional Industri dan Teknologi (SNIT), Politeknik Negeri Bengkalis. Konsep Desain Menentukan Hull Type, Material, Dan Propulsi Unmanned Surface Vehicle (Usv) Untuk Patroli Di Wilayah Rokan Hiir Dengan Metode Desicion Tree, Lcm, 478–486.
Bina Marga, . (2011). Manual Konstruksi dan Bangunan No.001-01/BM/2011 Tentang Survei Kondisi Jalan Untuk Pemeliharaan Rutin. Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga, 001, 1–134.
Faheem, M. I. (2023). CAPACITY ANALYSIS OF TWO LANE URBAN HIGHWAY. May.
Faisal, R., Ahlan, M., Mutiawati, C., Rozi, M., & Zulherri. (2021). The comparison between the method of Bina Marga and the pavement condition index (PCI) in road damage condition evaluation (case study: Prof. Ali Hasyimi Street, Banda Aceh). IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 1087(1), 012028. https://doi.org/10.1088/1757-899x/1087/1/012028
Miftahulkhair, M., Arifin, M. Z., & Sutikno, F. R. (2024). Revealing the Impact of Losses on Flexible Pavement Due To Vehicle Overloading. Eastern-European Journal of Enterprise Technologies, 2(1(128)), 55–63. https://doi.org/10.15587/1729-4061.2024.299653
Mulyadi, A. M., Perkerasan, B., Jalan, L., Bina, D., Jalan, T., Jembatan, D., & Nasution, J. A. H. (2020). Analisis Nilai Walkability Pada Fasilitas Pejalan Kaki Di Kawasan Transit Oriented Development (Tod) (Analysis of Walkability Index on the Pedestrian Facilities in Transit Oriented Development (Tod) Area). Jurnal Jalan-Jembatan, 37(2), 116–129.
Nur, N. K., Mahyuddin, Bachtiar, E., Tumpu, M., Mukrim, M. I., Irianto, Kadir, Y., Arifin, T. S. P., Ahmad, N. S., Halim, H., & Syukuriah. (2021). Perancangan Perkerasan Jalan. In Nuevos sistemas de comunicación e información. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=6x83EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA2&dq=bachtiar&ots=FqTuI4BZZf&sig=AkcPj78TamCvObV8PD8vBZuzaKM
Pemerintah Kabupaten Karangem. (2023). Ringkasan Laporan Penyelenggara Pemerintahan Kabupaten Karangasem 2023. Situs Pemerintah Kabupaten Karangasem, 23–30. http://v2.karangasemkab.go.id/assets/download/RLPPD KARANGASEM TAHUN 2023_090116.pdf
PMPUPR/11/2021, UU/39/2008, UU/2/2017, UU/11/2020, PP/22/2020, PERPRES/16/2018, PERPRES/27/2020, & UU/11/2020. (2021). Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 11 Tahun 2021 Tentang Tata Cara dan Petunjuk Teknis Dewan Sengketa Konstruksi. Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat, 216879.
Roni Agusmaniza1), Cut Liliiza Yusra2), Kusmira Agustian3), T. F., & Djamaluddin5), R. (2021). Jurnal simetrik vol 14, no. 2, bulan tahun. 14(2), 903–909.
Sulandari, E., Subagio, B. S., Rahman, H., & Maha, I. (2023). Analysis of Aggregate Types with Micro-texture and Macro-texture Characteristics of Asphalt Mixture in Indonesia. The Open Civil Engineering Journal, 17(1), 1–9. https://doi.org/10.2174/18741495-v17-e230922-2023-44
Tahun, U.-U. R. I. N. 2. (2022). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 Tentang Jalan. Pemerintah Indonesia, 134229, 77.
Tanjung, R. P., Purwoko, A., Tarigan, J., & Badaruddin. (2024). Analysis of Tourism Sector Development on Regional Development Through Road Infrastructure in Lake Toba National Tourism Strategic Area in Indonesia. Journal of Law and Sustainable Development, 12(1), e2174. https://doi.org/10.55908/sdgs.v12i1.2174
Yamali, F. R., Handayani, E., & Sirait, E. E. (2020). Penilaian Kondisi Jalan dengan Metode Pci (Pavement Condition Index). Jurnal Talenta Sipil, 3(1), 47. https://doi.org/10.33087/talentasipil.v3i1.27
						
							





