KEPERCAYAAN KONSUMEN, KEWAJARAN HARGA, DAN SOCIAL MEDIA MARKETING: FAKTOR UTAMA DALAM KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA PREMIUM CUT DI CHIGANOZ BARBERSHOP DENPASAR
Keywords:
Consumer Trust, Price Fairness, Social Media Marketing, Decision to Use ServicesAbstract
The phenomenon of the mushrooming of barbershops in Indonesia, especially in Denpasar, shows great potential in the men's haircut service industry. Chiganoz Barbershop, one of the major players in the industry, faces challenges in maintaining competitiveness, especially in premium cut services that show fluctuations in revenue. This study aims to analyze the influence of consumer trust, price fairness, and social media marketing on the decision to use premium services at Chiganoz Barbershop Denpasar. Data was obtained through a survey of 70 respondents who were customers of the barbershop. The results of the study show that consumer trust and social media marketing have a positive and significant influence on the decision to use services, while price fairness does not have a significant influence. These findings indicate the importance of building consumer trust through quality service and the use of effective marketing strategies on social media to increase customer preferences for premium services.
Downloads
References
Ambalao, S., Walean, R., Roring, M., & Rihi, M. L. (2022). Pengaruh Service Quality, Corporate Image dan Perceived Value terhadap Customer Loyalty yang Dimediasi oleh Customer Satisfaction di Rumah Sakit Advent Manado. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 853-878.
Ayuningtyas, U. (2020). Pengaruh Promosi, Potongan Harga, Citra Merek, dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Layanan Grabfood (Studi pada Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Surakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Darmansah, A., & Yosepha, S. Y. (2020). Pengaruh citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian online pada aplikasi shopee di wilayah Jakarta Timur. Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 1(1), 15-30.
Dedhy Pradana, S. H. (2017). Pengaruh Harga Kualitas Produk dan citra merek Brand Image terhadap keputusan pembelian motor. Kinerja, 18.
Dewi, N. M. P., Imbayani, I. G. A., & Ribek, P. K. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi E-Word Of Mouth Pada Givanda Store Denpasar. Emas, 2(2).
Diyatma, A., & Rahayu, I. (2017). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Saka Bistro &bar. EProceedings of Management, 4(1).
Donni, J. P. (2017). Perilaku konsumen dalam persaingan bisnis kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Firdiansyah, A. (2022). Memahami So-cial Media Marketing, dari Pengertian Sam-pai Strateginya. Glints.
Gunawan, D. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Social Media Marketing. PT Inovasi Pratama Internasional.
Hanjaya, B. S., Budihardjo, B. S., & Hellyani, C. A. (2023). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Umkm. Jurnal Riset Manajemen Dan Ekonomi (Jrime), 1(3), 92-101.
Hanjaya, B. S., Budihardjo, B. S., & Hellyani, C. A. (2023). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Umkm. Jurnal Riset Manajemen Dan Ekonomi (Jrime), 1(3), 92-101.
Imam, M. I. M. N., Arifinsyah, A., & Ismahani, S. I. S. (2024). Konsep Bisnis Kaum Madyan Dalam Al-Qur’an: Telaah Tafsir As-Sa’di. Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah, 7(1), 41-50.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan: pemasaran dan kepuasan pelanggan. unitomo press.
Kholidah, N., & Arifiyanto, M. (2020). Faktor-faktor pengambilan keputusan pembelian kosmetik berlabel halal. Penerbit Nem.
Kodrat, D. S. (2021). The Effect of Social Media Marketing on Purchase Decision with Brand Awareness as Mediation on Haroo Table.
Marisa, O., & Rowena, J. (2020). Pengaruh Price Fairness Terhadap Repurchase Intention High End Make Up Dan Skin Care pada Generasi Milenial di Jakarta. Jurnal Bina Manajemen, 8(2), 67-77.
Mustafa, R., & Setiawan, P. Y. (2022). Pengaruh Kewajaran Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(5), 927.
Narottama, N., & Moniaga, N. E. P. (2022). Pengaruh social media marketing terhadap keputusan pembelian konsumen pada destinasi wisata kuliner di kota Denpasar. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 8(2), 741-773.
Nugroho, R. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Taksi Online Go-Car Di Kota Solo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Nurahmasari, S. C., & Wibawanto, S. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Kepribadian dan Kewajaran Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Hijab Ummi Collection. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA), 3(6), 1199-1208.
Nurahmasari, S. C., & Wibawanto, S. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Kepribadian dan Kewajaran Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Hijab Ummi Collection. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA), 3(6), 1199-1208.
Nurliyanti, N., Susanti, A. A., & Hadibrata, B. (2022). Pengaruh Harga, Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Literature Review Strategi Marketing Manajement). Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 2(2), 224-232.
Parasita, I. (2024). Pengaruh Brand Image, Brand Ambassador Dan Sosial Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening Di Daerah Gianyar (Doctoral dissertation, Universitas Mahasaraswati Denpasar).
Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo Ruslin Karim1 , Tineke Wolok2 , Djoko Lesmana Radji3
Safariah,S. T., Ferils, M., & Arsyad, M. (2023). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Pengiriman Barang Pada PT. Pos Indonesia Cabang Kalukku. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(2), 322 – 329.
Simbolon, F. P., Handayani, E. R., & Nugraedy, M. (2020). The Influence of Product Quality, Price Fairness, Brand Image, and Customer Value on Purchase Decision of Toyota Agya Consumers: A Study of Low Cost Green Car. Binus Business Review, 11(3), 187-196.
Song, M. K., Moon, J. H., & Park, S. W. (2019). Exploring the Antecedents of Price Fairness in the Fast Food: A case of McDonald's. Asia-Pacific Journal of Business, 10(4), 181-195.
Sugiama, A. G., & Pambudy, E. F. S. B. (2017). Pengaruh kemasan, kewajaran harga dan brand awareness terhadap brand loyalty (studi kasus pada wisatawan nusantara di kartika sari bandung). Jurnal Manajemen Maranatha, 17(1), 1-14.
Sugiyono, P. (2015). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta, 28(1), 12.
Suhaily, L., & Darmoyo, S. (2017). Effect of product quality, perceived priceand brand image on purchase decision mediated by customer trust (study on Japanese brandelectronic product). Jurnal manajemen, 21(2), 179-194.
Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020). Analisis pengaruh citra merek dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian Tokopedia di Jakarta. Jurnal Manajemen, 9(2).
UTAMI, A. P. (2023). Analisis Minat Mahasiswa Membuka Tabungan Haji Dengan Pendekatan Theory Of Planned Behavior (TPB)(Analysis Of Student Interest In Opening Hajj Savings Using Theory Of Planned Behavior (Tpb)).
Wahyuni, N. P. L., & Rahanatha, G. B. (2020). Peran citra merek memediasi pengaruh kewajaran harga terhadap keputusan pembelian produk onlineshop Zalora di Denpasar (Doctoral dissertation, Udayana University).
Yusuf, A. (2021). The influence of product innovation and brand image on customer purchase decision on Oppo smartphone products in South Tangerang City. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal, 2 (1), 472–481.
Keniten, I. A. P. P., Teja, I. N. A. G. E., & Atmaja, N. P. C. D. (2023). Pengaruh Social Media Marketing, Word Of Mouth (Wom) Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Di Tiara Collection Karangasempengaruh Social Media Marketing, Word Of Mouth (Wom) Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Di Tiara Collection Karangasem. Emas, 4(3), 616-630.




