PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA CV PELANGI REX’S BAKERY
Keywords:
Product Quality, Service Quality, Personal Selling, Purchasing DecisionsAbstract
The increasingly high development of business growth in the business world makes competition between business actors increasingly tight and unavoidable. This makes producers think more critically, creatively and innovatively about the changes that occur. The aim of this research is to examine the influence of product quality, service quality and personal sales on purchasing decisions at CV Pelangi Rex's Bakery. This research uses multiple linear analysis methods using SPSS 26. The sampling method used is the probability sampling method with a simple random sampling approach. The population in this research was 100 respondents who were consumers of CV Pelangi Rex's Bakery. The results of the analysis show that product quality and personal selling variables have a positive and significant effect on purchasing decisions. This means that the better the product quality and personal selling provided, the greater the consumer's desire to make a purchase. Meanwhile, the service quality variable has no effect on purchasing decisions. This means that the quality of service provided has not been able to meet or even exceed consumer expectations when making purchasing decisions.
Downloads
References
Antari, NKY; Mitariani, NWE; NPCD Atmaja. 2020. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Customer Delight Pada Jasa Tata Rias Pengantin Griya Tirta Harum Dengan Perceived Value Sebagai Variabel Mediasi. Values. Vol 1, No 2, pp 120-128
Artini., Astrama, dan Premayani. 2021. Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Personal Selling Terhadap Keputusan PembelianProduk Merek. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, Vol. 1, No. 4, pp. 1179-1188.
Bakti., Hairudin, dan Setiawan. 2021. Pengaruh Harga, Personal Selling, KualitasProduk Dan Word Of MouthTerhadap Keputusan Pembelian Motor Pada Dealer Pt. Yamaha PuteraLangkapura. Jurna lCakrawala Indonesia, Vol.1, No. 1.
Buchory., A, dan Saladin, D. 2018. Manajemen Pemasaran : Ringkasan Praktis, Teori, Aplikasi Dan Tanya Jawab. Bandung: CV. Linda Karya.
Cennatal, Ankho. 2020. PengaruhPromosi, Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Saf Mitra Abadi. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas IlmuS osial dan Humaniora Universitas Putera Batam. Batam.
Cristover, Tang. 2021. PengaruhKualitas, Pelayanan, Dan PromosiTerhadap Keputusan Pembeli Pada MorningBakery Batam. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Putera Batam. Batam.
Ervandi dan Nainggolan. 2021. Pengaruh Personal Selling Dan Direct Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Thai TeaDi Surabaya. PERFORMA:JurnalManajemen dan Start-Up Bisnis, Vol 6. No. 2.
Ismayanti, D. 2016. Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Volume Penjualan Industri Kerupuk Singkong Di Desa Bamban Kecamatan Angkinang Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 2(1).
Kotler,Phillip dan Kevin Lane Keller. 2016. Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta:PT.Indeks.
Putri, Adilla Rahma. 2022. Pengaruh Personal Selling, Kualitas Produk Dan Varian Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame Pt. Orindo Alam AyuKota Pekanbaru. Skripsi, Program Studi Manajemen Pemasaran Fakultas Ekonomi Dan IlmuSosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Pekanbaru.
Pratama., Andari., dan Gunawan. 2023. Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi TerhadapKeputusan Pembelian Roti Soek Padjajaran Bogor. Karimah Tauhid, Vol. 2, No. 4.
Salsabila dan Maskur. 2022. PengaruhKualitasProduk, Citra Merek, Persepsi Harga dan KualitasLayananTerhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan (Studi Pada Pelanggan Mie Gacoan di Kota Semarang). Jurnal of Management & Business, Vol. 5, No. 1.
Sitorus, Jaya Ricardo. 2021. Pengaruh Promosi, KualitasProduk dan Packaging Terhadap Keputusan Pembelian Holland Bakery Batam. Skripsi. Program Studi IlmuSosial dan Humaniora FakultasEkonomi Universitas Putera Batam. Batam.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Penerbit CV. Alfabeta, Bandung.
Tjiptono, Fandi. 2014. Pemasaran Jasa Prinsip Penerapan Penelitian. Yogyakarta: Andi