Pengaruh Media Edukasi terhadap Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar tentang Pencegahan Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.36733/medicamento.v8i2.3723Kata Kunci:
komik, pencegahan Covid-19, tingkat pengetahuan, video animasiAbstrak
Covid-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dengan tingkat penularan tinggi. Anak-anak termasuk kedalam kelompok usia rentan terhadap penularan Covid-19. Promosi kesehatan penting untuk memberikan pemahaman mendasar dalam meminimalkan angka kejadian penularan. Keberhasilan promosi kesehatan dipengaruhi oleh metode serta media yang digunakan. Media komik dan media animasi merupakan media yang dianggap mampu membantu siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat pengetahuan responden yang diberikan edukasi melalui media komik dan animasi, serta mengetahui perbedaan pengetahuan antara kedua media. Desain penelitian menggunakan eksperimental pre-test dan post-test. Media edukasi yang digunakan adalah komik dan video animasi. Subyek penelitian adalah siswa kelas 5 SDIT Insan Mulia Surakarta. Pengetahuan dinilai dari kemampuan menjawab soal dengan benar berdasarkan materi edukasi yang diberikan. Digunakan analisis uji Wilcoxon untuk mengetahui perbedaan pengetahuan responden sebelum dan sesudah pemberian media dan uji Mann whitney untuk mengetahui perbedaan pengetahuan responden antar media. Hasil penelitian pada 42 responden menunjukkan adanya peningkatan nilai pre-test dan post-test pada kedua kelompok dimana kelompok komik memiliki rata-rata pre-test 7,86 dan post-test 9,17 sedangkan kelompok video animasi memiliki rata-rata pretest 7,89 dan post-test 8,68. Uji Wilcoxon menunjukan nilai p 0,001 pada kelompok media komik dan 0,004 pada kelompok media animasi. Penelitian ini menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan pengetahuan yang signifikan pada media komik dan animasi didukung dengan hasil statistik yang menunjukan nilai p 0,200. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua media memiliki efektivitas yang sama baik untuk meningkatkan pengetahuan responden terhadap pencegahan Covid-19.
Referensi
Fajrin, S.A., Hernawati, T., 2017. Media Komik Untuk Melatih Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Tunarungu. Jassi Anakku 18, 63–69.
Ibda, F., 2015. Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita 3.
Nikmah, L., 2020. Pengaruh Pekerjaan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mi Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020. UIN Satu Tulungagung.
Novianto, W.A., 2019. Hubungan Pekerjaan Dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Gugus Kenanga Kabupaten Pekalongan. Universitas Negeri Semarang.
Papilaya, E.A., Zuliari, K., Skripsi Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran, K., Studi Pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado, P., 2016. Perbandingan pengaruh promosi kesehatan menggunakan media audio dengan media audio-visual terhadap perilaku kesehatan gigi dan mulut siswa SD. e-GiGi 4.
Putri, D.P., 2018. Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. AR-RIAYAH J. Pendidik. Dasar 2, 37–50.
Riyanto, A., 2011. Aplikasi Metode Penelitian Kesehatan, Nuha Medika.
Salsabila, T.S., Mamat, R., Suprihartono, ;, Agung, F., Mulus, ; Gumilar, Ni’mah, ;, Safaatun, E., Jannah, Wardatul, E., 2019. Edukasi Dengan Media Video Animasi Dan Powerpoint Meningkatkan Pengetahuan Dan Asupan Konsumsi Sayur Dan Buah. J. Ris. Kesehat. Poltekkes Depkes Bandung 11, 183–190. https://doi.org/10.34011/JURISKESBDG.V11I1.696
Singhal, T., 2020. A Review of Coronavirus Disease-2019 (COVID-19). Indian J. Pediatr. 87, 281. https://doi.org/10.1007/S12098-020-03263-6
Supriatin, T., 2021. IDAI Sebut Kematian Covid-19 Anak RI Tertinggi Dunia, Kemenkes: Data di Mana Itu? [WWW Document]. News Liputan6.com.
Zakirman, Z., Hidayati, H., 2017. Praktikalitas Media Video dan Animasi dalam Pembelajaran Fisika di SMP. J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-Biruni 6, 85–93. https://doi.org/10.24042/JPIFALBIRUNI.V6I1.592
Zukmadini, A.Y., Karyadi, B., Kasrina, K., 2020. Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam Pencegahan COVID-19 Kepada Anak-Anak di Panti Asuhan. J. Pengabdi. Magister Pendidik. IPA 3. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i1.440
Zulfa, F., Kusuma, H., 2020. Zulfa, F., & Kusuma, H. (2020). Upaya Program Balai Edukasi Corona Berbasis Media Komunikasi dalam Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jakp: Jurnal Abdimas Kesehatan Perintis, 2(1), 21–23.Upaya Program Balai Edukasi Corona Berbasis Media Komunikasi dalam Penc. Jakp J. Abdimas Kesehat. Perintis 2, 21–23.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Novita Ayu Wardhany, Yeni Farida, Rasmaya Niruri
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Pemegang hak cipta atas karya adalah Jurnal Ilmiah Medicamento.
Jurnal Ilmiah Medicamento berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini sepanjang Anda mengikuti persyaratan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan. Anda dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- NoDerivatives — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda tidak boleh mendistribusikan materi yang dimodifikasi.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan persyaratan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.