Pengaruh Media Edukasi terhadap Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar tentang Pencegahan Covid-19

Penulis

  • Novita Ayu Wardhany Universitas Sebelas Maret
  • Yeni Farida Universitas Sebelas Maret
  • Rasmaya Niruri Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.36733/medicamento.v8i2.3723

Kata Kunci:

komik, pencegahan Covid-19, tingkat pengetahuan, video animasi

Abstrak

Covid-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dengan tingkat penularan tinggi. Anak-anak termasuk kedalam kelompok usia rentan terhadap penularan Covid-19. Promosi kesehatan penting untuk memberikan pemahaman mendasar dalam meminimalkan angka kejadian penularan. Keberhasilan promosi kesehatan dipengaruhi oleh metode serta media yang digunakan. Media komik dan media animasi merupakan media yang dianggap mampu membantu siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat pengetahuan responden yang diberikan edukasi melalui media komik dan animasi, serta mengetahui perbedaan pengetahuan antara kedua media. Desain penelitian menggunakan eksperimental pre-test dan post-test. Media edukasi yang digunakan adalah komik dan video animasi. Subyek penelitian adalah siswa kelas 5 SDIT Insan Mulia Surakarta. Pengetahuan dinilai dari kemampuan menjawab soal dengan benar berdasarkan materi edukasi yang diberikan. Digunakan analisis uji Wilcoxon untuk mengetahui perbedaan pengetahuan responden sebelum dan sesudah pemberian media dan uji Mann whitney untuk mengetahui perbedaan pengetahuan responden antar media. Hasil penelitian pada 42 responden menunjukkan adanya peningkatan nilai pre-test dan post-test pada kedua kelompok dimana kelompok komik memiliki rata-rata pre-test 7,86 dan post-test 9,17 sedangkan kelompok video animasi memiliki rata-rata pretest 7,89 dan post-test 8,68. Uji Wilcoxon menunjukan nilai p 0,001 pada kelompok media komik dan 0,004 pada kelompok media animasi. Penelitian ini menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan pengetahuan yang signifikan pada media komik dan animasi didukung dengan hasil statistik yang menunjukan nilai p 0,200. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua media memiliki efektivitas yang sama baik untuk meningkatkan pengetahuan responden terhadap pencegahan Covid-19.

Biografi Penulis

Novita Ayu Wardhany, Universitas Sebelas Maret

Program Sarjana Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Yeni Farida, Universitas Sebelas Maret

Program Studi Sarjana Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Rasmaya Niruri, Universitas Sebelas Maret

Program Sarjana Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Referensi

Fajrin, S.A., Hernawati, T., 2017. Media Komik Untuk Melatih Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Tunarungu. Jassi Anakku 18, 63–69.

Ibda, F., 2015. Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita 3.

Nikmah, L., 2020. Pengaruh Pekerjaan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mi Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020. UIN Satu Tulungagung.

Novianto, W.A., 2019. Hubungan Pekerjaan Dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Gugus Kenanga Kabupaten Pekalongan. Universitas Negeri Semarang.

Papilaya, E.A., Zuliari, K., Skripsi Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran, K., Studi Pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado, P., 2016. Perbandingan pengaruh promosi kesehatan menggunakan media audio dengan media audio-visual terhadap perilaku kesehatan gigi dan mulut siswa SD. e-GiGi 4.

Putri, D.P., 2018. Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. AR-RIAYAH J. Pendidik. Dasar 2, 37–50.

Riyanto, A., 2011. Aplikasi Metode Penelitian Kesehatan, Nuha Medika.

Salsabila, T.S., Mamat, R., Suprihartono, ;, Agung, F., Mulus, ; Gumilar, Ni’mah, ;, Safaatun, E., Jannah, Wardatul, E., 2019. Edukasi Dengan Media Video Animasi Dan Powerpoint Meningkatkan Pengetahuan Dan Asupan Konsumsi Sayur Dan Buah. J. Ris. Kesehat. Poltekkes Depkes Bandung 11, 183–190. https://doi.org/10.34011/JURISKESBDG.V11I1.696

Singhal, T., 2020. A Review of Coronavirus Disease-2019 (COVID-19). Indian J. Pediatr. 87, 281. https://doi.org/10.1007/S12098-020-03263-6

Supriatin, T., 2021. IDAI Sebut Kematian Covid-19 Anak RI Tertinggi Dunia, Kemenkes: Data di Mana Itu? [WWW Document]. News Liputan6.com.

Zakirman, Z., Hidayati, H., 2017. Praktikalitas Media Video dan Animasi dalam Pembelajaran Fisika di SMP. J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-Biruni 6, 85–93. https://doi.org/10.24042/JPIFALBIRUNI.V6I1.592

Zukmadini, A.Y., Karyadi, B., Kasrina, K., 2020. Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam Pencegahan COVID-19 Kepada Anak-Anak di Panti Asuhan. J. Pengabdi. Magister Pendidik. IPA 3. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i1.440

Zulfa, F., Kusuma, H., 2020. Zulfa, F., & Kusuma, H. (2020). Upaya Program Balai Edukasi Corona Berbasis Media Komunikasi dalam Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jakp: Jurnal Abdimas Kesehatan Perintis, 2(1), 21–23.Upaya Program Balai Edukasi Corona Berbasis Media Komunikasi dalam Penc. Jakp J. Abdimas Kesehat. Perintis 2, 21–23.

Unduhan

Diterbitkan

23-09-2022

Cara Mengutip

Wardhany, N. A. ., Farida, Y., & Niruri, R. (2022). Pengaruh Media Edukasi terhadap Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar tentang Pencegahan Covid-19. Jurnal Ilmiah Medicamento, 8(2), 80–86. https://doi.org/10.36733/medicamento.v8i2.3723

Terbitan

Bagian

Artikel Original