ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DARING MENGGUNAKAN WHATSAPP PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS VIII SMP TP. 45 DENPASAR TAHUN AJARAN 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.36733/pemantik.v1i2.2934Keywords:
Pembelajaran Matematika Daring, Whatsapp, Pandemi Covid-19Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran matematika yang berani menggunakan whatsapp pada masa pandemi covid-19. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan pendekatan dengan jenis penelitian fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah guru matematika kelas VIII dan siswa kelas VIII SMP TP. 45 Denpasar. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa pada perencanaan pembelajaran guru membuat RPP berani, menyiapkan materi, membuat absensi dalam bentuk link google form dan menyediakan latihan soal untuk siswa. Pelaksanaan pembelajaran matematika terdiri dari pendahuluan, kegiatan inti, penutup dan penilaian. Penilaian guru pada pembelajaran yang berani adalah kehadiran siswa, sopan santun siswa dalam bertanya kepada guru, dan siswa ketepatan dalam tugas mengumpulkan. Hambatan yang dialami oleh guru dan siswa pada pembelajaran matematika berani menggunakan whatsapp yaitu gangguan sinyal, memori HP penuh, sulit mengetahui keseriusan belajar siswa, kurangnya motivasi belajar peserta didik, kesulitan guru menjelaskan materi matematika siswa, dan siswa cukup sulit memahami materi yang diberikan guru .