MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BERBAHASA INGGIS ANAK PANTI ASUHAN KRISTEN 400 BAITH-EL MELALUI PENYAMPAIAN MATERI “TENSES DAN GAMES” BERBAHASA INGGRIS

Penulis

  • Candra Komang Dian Puspita Universitas Mahasarasawati Denpasar
  • Sulatra I Komang Universitas Mahasarasawati Denpasar
  • Putri I Gusti Ayu Vina Widiadnya Universitas Mahasarasawati Denpasar
  • Nefiari Ni Kadek Universitas Mahasarasawati Denpasar
  • Dewi Ni Kadek Indah Setya Universitas Mahasarasawati Denpasar

Kata Kunci:

Charity Week Activities, English, Tenses, Greeting, Games

Abstrak

Pengabdian masyarakat sangat penting untuk dilakukan, berdasarkan hal tersebut Himpunan
Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Bahasa Asing, Universitas Mahasaraswati Denpasar
mengadakan kegiatan Charity week yang dilaksanakan di Panti Asuhan Kristen 400 Baith-El. Kegiatan Charity
Week memiliki tujuan untuk berbagi kasih sayang kepada saudara-saudara kami yang membutuhkan. Selain itu
juga bertujuan untuk memotivasi anak-anak Panti Asuhan Kristen 400 Baith-El untuk belajar berbahasa Inggris.
Bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan yaitu memberikan pengajaran dan game berbahasa inggris. Dari
kegiatan yang berlangsung, anak – anak panti asuhan Kristen 400 Baith-El memiliki semangat yang tinggi
untuk mengikuti pembelajaran.. Adapun materi yang disampaikan yaitu cara mengucapkan salam dalam Bahasa
Inggris (Greeting) dan Simple Present Tense. Selain itu juga diadakan sesi games untuk menambah antusias
anak-anak dalam mengikuti kegiatan dan juga menambah motivasi ana-anak dalam mempelajari Bahasa
Inggris. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pengajaran dengan metode pemberian games kepada anakanak Panti Asuhan Kristen 400 Baith-El dapat mempengaruhi cepat tangkap anak dalam mempelajari Bahasa
Inggris. Dengan menggunakan metode pembelajaran dengan menggunakan Games, anak menjadi cepat untuk menangkap materi dan lebih tertantang dalam mempelajari Bahasa Inggris. Selain itu suasana belajar menjadi
lebih menyenangkan dengan antusias anak-anak.

Referensi

Amiruddin, M. & Jannah, U. R., 2021. Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Dini di

Daerah Terpencil. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, I(I), pp. 18-22.

Ben.2020. 5 Games Seru untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Anak. URL:

https://www.ef.co.id/englishfirst/kids/blog/5-games-seru-untuk- meningkatkankemampuan-bahasa-inggris-anak/

Cholif Rahma.2021. Bisa Negatif dan Positif, Ketahui Dampak Game Online pada

Karakter AnakI. URL : https://www.orami.co.id/magazine/dampak-game-online

Darmadi, H., n.d. Asyiknya Belajar Sambil Bermain. Bogor: Guepedia Publisher.

Dedi, D., Sutarman, S. & Budiman, A., 2015. Perancangan Aplikasi Pembelajaran

Bahasa Inggris Untuk Anak-Anak Berbasis Flash. Jurnal Sisfotek Global, Volume

, p. 5.

Dimyati & Radjasa, M., 2018. Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Edisi XII Tahun 2018. Repository Universitas Jember.

Hakim, M. A. R., 2017. Urgensi Penggunaan Bahasa Inggris Bagi Masyarakat Indonesia

Dalam Menjalani. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, XV(2), pp.

-281.

Handayani, S., 2016. Pentingnya kemampuan berbahasa Inggris sebagai dalam

menyongsong ASEAN Community 2015. Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia,

III(1), pp. 1-5.

ICAN Education Consultant.2022. Metode Mengajar Bahasa Inggris dengan Game.

URL: https://www.ican-education.com/blog/metode-mengajar-bahasa-inggrisdengan-game/

Sahrawi, Hafis, M. & Sari, D. s., 2018. Pengajaran Kosa Kata Bahasa Inggtis

Menggunakan Games Untuk Menarik Minat Belajar Siswa Smp Awaluddin.

Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, II(2).

Santika , I. G. N., 2020. Optimalisasi Peran Keluarga Dalam Menghadapi Persoalan

Covid19: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, VI(2), pp. 127-137.

Sholihah, L. M., 2019. Tonggak Kemampuan Bilingual Mahasiswa Untuk Perkembangan

Ilmu Pengetahuan Di Era Global.

Widyastuti, S., 2010. Belajar Sambil Bermain : Metode Mendidik Anak Secara

Komunikatif. Seminar Mendidik Anak , pp. 1-8.

Diterbitkan

2024-01-11