https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/lokasaraswati/issue/feedLOKATARA SARASWATI2024-11-11T17:03:14+08:00Ida Bagus Gde Nova Winartalokatara@unmas.ac.idOpen Journal Systemshttps://e-journal.unmas.ac.id/index.php/lokasaraswati/article/view/10183PENGENALAN BUDAYA JEPANG BELA DIRI AIKIDO DI SDN 11 DAUH PURI DENPASAR-BALI2024-11-11T12:37:37+08:00Wayan Nuritanuritabaliwayan@unmas.ac.idLadycia Sundayranuritabaliwayan@unmas.ac.id<p>Kegiatan belajar mengajar di SD Negeri 11 Dauh Puri Denpasar selain menitikberatkan pada kegiatan akademis, juga melaksanakan kegiatan non akademis seperti seni dan olah raga. Pelaksanaan kegiatan non akademis masih terbilang kurang maksimal dikarenakan kurangnya SDM pengampu sehingga siswa-siswi memiliki banyak waktu luang. Dengan adanya ruang untuk mengisi kegiatan seni, budaya dan olah raga, maka tim PKM Prodi Sastra Jepang mengusung salah satu program yang berkaitan dengan budaya Jepang, yaitu seni bela diri tradisional Jepang, Aikido. Aikido dirasa baik dikenalkan kepada siswa-siswi sekolah dasar karena selain memiliki unsur bela diri juga memiliki unsur seni dan budaya. Aikido merupakan jenis bela diri dengan teknik tangan kosong berupa kuncian, bantingan, serangan, pertahanan, pertahanan baik dalam posisi berdiri maupun duduk. Selain itu, terdapat pula teknik menggunakan senjata berupa pedang kayu, tongkat kayu, maupun pisau kayu. Aikido yang merupakan salah satu cabang olah raga bela diri menjadi penting diperkenalkan ke siswa SDN 11 Dauh Puri karena selain melatih fisik juga untuk pelatihan mental. Tujuan kegiatan PKM ini untuk mengisi waktu luang yang dimiliki siswa pada hari sabtu diisi dengan pelatihan Aikido demi melatih fisik, mental dan pengenalan budaya asing. Bela diri Aikido tidak hanya menekankan pada sikap fisik, tetapi juga pada spirit yang kuat untuk mengimbangi akademis dan non-akademis mereka untuk kelanjutan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi.</p>2024-11-11T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2024 LOKATARA SARASWATIhttps://e-journal.unmas.ac.id/index.php/lokasaraswati/article/view/10184EFEKTIVITAS VIDEO PROFIL SEKOLAH SEBAGAI SARANA PROMOSI2024-11-11T12:45:23+08:00Ni Wayan Meidarianimeidariani@unmas.ac.idMade Henra Dwikarmawan Sudipameidariani@unmas.ac.id<p>Mitra kegiatan adalah sekolah dasar negeri yang ada di Kecamatan Denpasar Barat. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membantu mitra mencarikan solusi terkait ketercukupan siswa karena mitra merupakan sekolah yang jumlah siswanya paling sedikit dibandingkan sekolah yang ada di sekecamatan Denpasar Barat. Berdasarkan analisis kebutuhan, tim pelaksana merancang kegiatan pembuatan video profil sekolah. Video profil merupakan media yang efektif dalam promosi. Dalam video profil memuat visi dan misi sekolah, sejarah singkat sekolah dan fasilitas sekolah. Hasil kegiatan pengabdian ini diharapkan menjadi inventaris sarana dan prasarana sekolah sebagai materi promosi dalam media sosial. Metode yang digunakan dalam pembuatan video adalah metode observasi dengan teknik rekam dan wawancara. Proses pembuatan video dibagi menjadi beberapa tahapan. Tahapan pertama, tim pelaksana melakukan observasi dengan cara mengamati kondisi sekitar dan mewawancari salah seorang guru di sekolah ini. Kegiatan ini dilakukan untuk menjadikan materi dalam video. Tahap kedua adalah tim pelaksana melakukan peliputan. Peliputan dilakukan dengan cara merekam video kondisi sekolah dan fasilitas sekolah.Tahap ketiga adalah proses pembuatan dan editing video. Video tersebut sebagai produk yang dihasilkan dalam kegiatan pengabdian ini. Video ini diunggah dalam media sosial mitra untuk memperkenalkan keberadaan sekolah kepada masyarakat. Video ini efektif sebagai sarana promosi dengan melibatkan seluruh pihak sekolah untuk aktif membagikan konten video. Hasil kegiatan pengabdian ini berdampak jangka panjang karena memerlukan waktu untuk mengetahui efektivitas video guna usaha pemerataan siswa di Kecataman Denpasar Barat.</p>2024-11-11T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2024 LOKATARA SARASWATIhttps://e-journal.unmas.ac.id/index.php/lokasaraswati/article/view/10185KELAS ASYIK DENGAN PERMAINAN KLASIK: METODE INOVATIF UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS INTERAKTIF DI SDN 11 DAUH PURI2024-11-11T12:51:14+08:00Ni Made Verayanti Utamiverayanti.utami@unmas.ac.idNi Wayan Suastiniverayanti.utami@unmas.ac.idNi Luh Vira Nitya Riniverayanti.utami@unmas.ac.idAnak Agung Made Indrawativerayanti.utami@unmas.ac.id<p>Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris melalui penerapan metode permainan klasik. Ruang lingkup pengabdian mencakup pengajaran Bahasa Inggris di kelas 1 sampai kelas 6 SDN 11 Dauh Puri dengan fokus pada penggunaan permainan klasik, seperti "Telephone" dan "Hangman." Metode yang digunakan meliputi perencanaan dan pelaksanaan sesi pembelajaran berbasis permainan klasik, diikuti dengan evaluasi hasil belajar siswa. Permainan ini dipilih karena dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif, mendorong siswa untuk aktif berpartisipasi dalam proses belajar. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam minat dan keterlibatan siswa selama pelajaran Bahasa Inggris. Siswa menunjukkan antusiasme yang lebih besar dan keterampilan berbahasa yang lebih baik setelah berpartisipasi dalam sesi permainan klasik. Evaluasi juga mengungkapkan bahwa metode ini membantu siswa dalam memahami kosakata baru dan konsep bahasa dengan cara yang lebih menyenangkan. Simpulan dari artikel ini adalah bahwa permainan klasik dapat menjadi metode yang efektif dalam menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan, serta meningkatkan hasil pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar. Integrasi permainan klasik dalam pembelajaran tidak hanya memperbaiki keterampilan bahasa siswa tetapi juga membuat proses belajar menjadi lebih menarik dan memotivasi.</p>2024-11-11T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2024 LOKATARA SARASWATIhttps://e-journal.unmas.ac.id/index.php/lokasaraswati/article/view/10186PELATIHAN BAHASA INGGRIS DAN JEPANG BAGI SIWA AKOMODASI PERHOTELAN DI SMK WIDYA DHARMA BULELENG 2024-11-11T13:02:44+08:00Wayan Nuritaidaayupugitaa@unmas.ac.idIda Ayu Putri Gita Ardiantariidaayupugitaa@unmas.ac.idIda Bagus Gde Nova Winartaidaayupugitaa@unmas.ac.idLadycia Sundayraidaayupugitaa@unmas.ac.id<p>Pelatihan Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang bagi siswa program keahlian Akomodasi Perhotelan di SMK Widya Dharma Buleleng dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan kompetensi komunikasi dalam bahasa asing, khususnya dalam bidang pariwisata. Program pelatihan ini bertujuan membantu siswa memperoleh keterampilan dasar berbahasa yang diperlukan untuk memberikan layanan profesional kepada wisatawan internasional dan memperdalam pengetahuan siswa mengenai kepariwisataan. Pelatihan berlangsung dari Februari 2024 hingga Juni 2024. Pelatihan menggunakan pendekatan pembelajaran interaktif yang menekankan aspek praktis dan komunikasi. Setelah pelatihan, siswa menyatakan dapat berkomunikasi dengan Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang dalam memberikan pelayanan perhotelan yang meliputi pelayanan <em>check-in</em>, pelayanan fasilitas kamar, pelayanan <em>check-out</em> dan penanganan keluhan atau <em>handling complain</em>. Hasil dari pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas layanan pariwisata lokal melalui kesiapan siswa dalam menyambut tamu asing, serta memberi nilai tambah kompetitif di industri pariwisata.</p>2024-11-11T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2024 LOKATARA SARASWATIhttps://e-journal.unmas.ac.id/index.php/lokasaraswati/article/view/10187PENGAJARAN BAHASA JEPANG TINGKAT DASAR BAGI ANAK ANAK SEKOLAH DASAR BALI BESTARI DI KELAS V2024-11-11T13:12:43+08:00Betty Debora Aritonangbettyaritonang@unmas.ac.idKhazya Nanda Suryo Atmojobettyaritonang@unmas.ac.idPutu Ayuk Septianibettyaritonang@unmas.ac.idI Gede Arya Wedabettyaritonang@unmas.ac.idI Ketut Adi Putra Bonitubettyaritonang@unmas.ac.id<p>Bali sebagai destinasi wisata internasional sangat merasakan dampak globalisasi di mana orang asing yang tinggal, hidup dan juga bekerja di Bali kian tahun dirasa kian bertambah. Salah satu penduduk warga asing yang banyak tinggal di Bali adalah warga Jepang sehingga kebutuhan untuk menguasai Bahasa Jepang memberi nilai strategis kepada pembelajar Bahasa Jepang apalagi bila dibekali dari usia dini. Tim pengabdian mengadakan kegiatan pengabdian di SD Bali Bestari di Denpasar. Tujuan kegiatan ini adalah sebagai sarana pengenalan bahasa dan budaya Jepang tingkat dasar pada siswa kelas V di SD Bali Bestari. Pemilihan bahan yang diajarkan disesuaikan dengan waktu, masyarakat sasaran dan kebutuhan sekolah. Bahan yang diajarkan adalah kosakata atau kalimat yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari siswa sekolah dasar dan lingkungan sekolah. Tim pengabdian melaksanakan program dibagi ke dalam 4 tahapan yaitu: 1. Observasi dan wawancara, 2. Tahap persiapan, 3. Tahap pelaksanaan dan 4. Tahap monitoring dan diskusi. Hasil pengabdian menunjukkan siswa mampu mengucapkan beberapa salam sehari-hari dan kosakata di lingkungan sehari-hari serta dapat dengan leluasa mengaplikasikan budaya Jepang yang ditunjukkan melalui sikap saat memberi salam sehari-hari dan juga di kegiatan kelas sehari-hari.</p>2024-11-11T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2024 LOKATARA SARASWATIhttps://e-journal.unmas.ac.id/index.php/lokasaraswati/article/view/10188EFEKTIFITAS PPT INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN ANAK - ANAK PAUD2024-11-11T13:20:32+08:00I Dewa Ayu Devi Maharani Santikadevimaharanisantika@unmas.ac.idNi Wayan Suryanidevimaharanisantika@unmas.ac.id<p>Dalam dunia pendidikan, khususnya di tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), metode pembelajaran yang efektif menjadi kunci utama dalam membentuk fondasi pendidikan anak-anak. Di tengah kemajuan teknologi, integrasi alat bantu visual seperti tayangan slide semakin relevan dalam mendukung proses pembelajaran. Kegiatan Pengabdian ini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan tayangan slide guna meningkatkan kualitas pembelajaran di PAUD Hooray School. Kegiatan mencakup beberapa spesifikasi kegiatan, yaitu pengembangan tayangan slide yang interaktif, pembuatan materi slide yang menarik dan informatif, pelatihan guru dalam penggunaan tayangan slide, serta pelaksanaan evaluasi efektivitas penggunaan tayangan slide. Harapan yang ingin dicapai melalui kegiatan ini adalah terciptanya lingkungan belajar yang lebih dinamis dan interaktif melalui penggunaan tayangan slide yang dirancang dengan mempertimbangkan perkembangan kognitif, motorik, dan sosial anak-anak. Meskipun dihadapkan pada tantangan seperti penyesuaian materi visual yang sesuai dengan usia anak, kegiatan ini menunjukkan potensi besar dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa selama proses pembelajaran. Pendampingan pembuatan PPT interaktif dapat membantu guru melakukan kegiatan pengajaran dengan lebih optimal.</p>2024-11-11T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2024 LOKATARA SARASWATI