LOKATARA SARASWATI https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/lokasaraswati id-ID [email protected] (Ida Bagus Gde Nova Winarta) [email protected] (I Gde Agoes Caskara Surya Putra) Fri, 31 May 2024 23:52:33 +0800 OJS 3.3.0.10 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PELATIHAN KETERAMPILAN BERBAHASA JEPANG MELALUI METODE BERMAIN PERAN https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/lokasaraswati/article/view/9206 <p>Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa asing yang sudah sejak lama masuk ke dalam kurikulum pendidikan di Indonesia. Kebijakan pemerintah Jepang terkait visa <em>Specified Skill Worker</em> (SSW) memungkinkan untuk lulusan SMK bekerja di Jepang. Oleh karea itu, pengembangan bahasa Jepang khususnya di SMK harus terus ditingkatkan. Salah satu sekolah yang mengajarkan bahasa Jepang adalah SMK Saraswati 3 Denpasar. SMK Saraswati 3 Denpasar menyadari betul bahwa kompetensi berbahasa asing sangat penting bagi siswa terutama siswa kelas XII. Permasalahan yang muncul saat tim pengabdian melaksanakan observasi awal dan wawancara dengan guru mata pelajaran adalah bahwasanya mata pelajaran bahasa Jepang hanya diajarkan seminggu sekali, selama 2 jam pelajaran (2 JP) sehingga kurang optimal. Sedangkan bahasa Jepang termasuk bahasa yang sulit dipelajari karena menggunakan 3 jenis huruf. Untuk mengatasi permasalahan kurangnya jam mata pelajaran bahasa Jepang dan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara, maka tim pengabdian menggunakan metode role playing atau bermain peran. Hal ini dilakukan karena metode ini merupakan metode yang relative baru bagi para siswa.</p> Meilantari, Ni Luh Gede, Theresia, Kadek Febriana Hak Cipta (c) 2024 LOKATARA SARASWATI https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/lokasaraswati/article/view/9206 Fri, 31 May 2024 00:00:00 +0800 PELATIHAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS DAN LITERASI DI KALANGAN ANAK-ANAK LOKAL DI OPEN FLOW LEARNING CENTRE https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/lokasaraswati/article/view/9210 <p>Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang memainkan peran penting dalam komunikasi global, perkembangan ilmu pengetahuan, dan interaksi lintas budaya. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan bahasa Inggris dan literasi pada anak-anak lokal dalam program English class di Open Flow Learning Centre. Tantangan mengembangkan keterampilan bahasa Inggris di kalangan anak-anak lokal, terutama dalam lingkungan non-bahasa Inggris, menjadi fokus utama. Penelitian ini dilakukan dengan melalui observasi, hasil penelitian mengidentifikasi faktor aksesibilitas sumber daya, metode pengajaran yang sesuai, dukungan lingkungan sosial, dan hambatan budaya sebagai pengaruh utama. Penelitian ini menunjukkan pentingnya integrasi bahasa Inggris dalam aktivitas sehari-hari dan pendekatan inovatif dengan teknologi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Hasilnya memberikan pemahaman yang lebih baik tentang upaya pendidik dalam memajukan kemampuan bahasa Inggris dan literasi anak-anak lokal, mempersiapkan mereka menghadapi masa depan global yang kompleks.</p> Sulatra, I Komang , Dewi, Ni Made Sinta Hak Cipta (c) 2024 LOKATARA SARASWATI https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/lokasaraswati/article/view/9210 Fri, 31 May 2024 00:00:00 +0800 PELATIHAN PROGRAMMING BAHASA INGGRIS KEPADA ANAK-ANAK DI SEKOLAH OPEN FLOW https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/lokasaraswati/article/view/9211 <p>Open Flow Learning Centre bertujuan untuk membantu mengembangkan nilai-nilai, sikap, keterampilan, dan pengetahuan anak-anak melalui keterhubungan kami dengan alam dan sesama. Dasar-dasar ini diterapkan dan disampaikan melalui dasar-dasar; Inquiry, STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics), dan Project-Based Learning, dengan menyediakan kelas coding yang bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran bahasa Inggris melalui metode inovatif. Proyek ini melibatkan integrasi prinsip-prinsip coding dan RPG Maker, sebuah platform pengembangan game, untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang menarik dan interaktif bagi anak-anak Indonesia. Dengan menggunakan teknik coding dalam RPG Maker, anak-anak dapat merancang dan mengembangkan game digital mereka sendiri sambil secara bersamaan berlatih keterampilan bahasa Inggris. Tujuan proyek ini adalah untuk mengeksplorasi potensi pendidikan berbasis teknologi dalam meningkatkan hasil pembelajaran bahasa. Artikel ini membahas proses implementasi inisiatif tersebut, dampaknya terhadap pembelajaran bahasa, dan peran teknologi dalam memupuk kreativitas dan keterlibatan di antara peserta. Temuan menunjukkan bahwa menggabungkan coding dan RPG Maker dapat menjadi pendekatan efektif untuk memupuk pembelajaran bahasa dengan cara yang menyenangkan dan dinamis, sesuai dengan kebutuhan dan preferensi para pembelajar muda. Inisiatif ini memberikan pemahaman tentang kelayakan integrasi teknologi dan platform kreatif sebagai alat untuk meningkatkan penguasaan bahasa pada anak-anak. Kata kunci: Coding, RPG Maker, pembelajaran bahasa Inggris, pelayanan masyarakat, pendidikan berbasis teknologi.</p> Putra, I Gde Agoes Caskara Surya , Suastini, Ni Wayan, Widiartana, Ida Bagus Kade Hak Cipta (c) 2024 LOKATARA SARASWATI https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/lokasaraswati/article/view/9211 Fri, 31 May 2024 00:00:00 +0800 PENGENALAN DAN PENGEMBANGAN PENGETAHUAN TERHADAP BUDAYA INDONESIA KEPADA SISWA DI SEKOLAH INTERNATIONAL BALI https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/lokasaraswati/article/view/9218 <p>Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan dan memberikan pengetahuan yang lebih luas mengenai budaya serta tradisi yang berasal dari Indonesia. Hal ini ditujukan untuk mengembangkan pengetahuan anak-anak yang berasal dari berbagai negara mengenai Indonesia. Lokasi anak-anak sasaran yaitu siswa yang bersekolah di Kids Club di Parklife (PT. Taman Jiwa) Bali yang berlokasi di Jalan Raya Uma Buluh No. 15, Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali. Kids Club yang merupakan sekolah serta penitipan anak menjadi salah satu pilihan untuk orang tua yang datang ke Bali dalam waktu yang singkat. Adapun masalah yang dihadapi siswa dan guru disana yaitu kurangnya pengetahuan siswa yang berasal dari berbagai negara mengenai Indonesia. Kids Club yang merupakan sekolah serta penitipan anak menjadi salah satu pilihan untuk orang tua yang datang ke Bali dalam waktu yang singkat. Target kegiatan ini merupakan siswa Kids Club di Parklife Bali dengan kisaran usia 3 – 10 tahun. Melakukan kegiatan dan acara untuk mengenalkan dan mengembangkan pengetahuan siswa mengenai Indonesia merupakan tujuan utama kegiatan ini.</p> Putu Gede Budiartha, Wayan Nurita, Wardani, Ni Made Dwi Kusuma Hak Cipta (c) 2024 LOKATARA SARASWATI https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/lokasaraswati/article/view/9218 Fri, 31 May 2024 00:00:00 +0800 PELATIHAN IMPLEMENTASI BAHASA INGGRIS FORMAL KEPADA PETUGAS KEAMANAN GARUDA WISNU KENCANA CULTURAL PARK BALI https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/lokasaraswati/article/view/9219 <p>Taman Seni dan Budaya Garuda Wisnu Kencana adalah destinasi wisata yang terletak di Ungasan, Kuta Selatan, Bali. Pandemi yang terjadi di tahun 2020 menyebabkan penutupan tempat wisata yang memaksa banyak pekerja dirumahkan. Ketika sektor pariwisata dibuka kembali, banyak destinasi wisata yang harus merekrut karyawan secara besar-besaran. Hal ini berdampak pada kualitas sumber daya manusia karyawan yang telah direkrut, terutama kemampuan bahasa asingnya yaitu bahasa Inggris. Artikel ini bertujuan untuk menjabarkan hasil pelatihan implementasi bahasa Inggris formal pada petugas keamanan Garuda Wisnu Kencana. Metode yang diterapkan dalam melakukan pelatihan adalah pembelajaran langsung, dengan menggunakan teori yang dikemukakan oleh Hunaepi, Taufik Samsuri, dan Maya Afrilyana (2014). Pelatihan dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu pre-test, pemberian materi, dan final test. Metode kualitatif digunakan dalam menganalisis data. Metode formal dan informal digunakan untuk menyajikan temuan. Nilai rata-rata setelah pre-test dilakukan adalah 65. Setelah materi diberikan, skor rata-rata dari tes akhir adalah 83.</p> Winarta, Ida Bagus Gde Nova, Putra, I Gusti Bagus Wahyu Nugraha, Sari, Kadek Vivi Nanda Komala Hak Cipta (c) 2024 LOKATARA SARASWATI https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/lokasaraswati/article/view/9219 Fri, 31 May 2024 00:00:00 +0800 PERLINDUNGAN PEREMPUAN DAN ANAK MELALUI PEMBERIAN SUMBANGAN JAMBAN DI DESA KENDERAN, KECAMATAN TEGALALANG, KABUPATEN GIANYAR PROVINSI BALI https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/lokasaraswati/article/view/9220 <p>Tujuan pelaksanaan pembangunan Jamban untuk Warga yang termasuk Rumah Tangga Miskin&nbsp; (RTM &nbsp;memberikan perlindungan bagi perempuan, lansia dan anak, mengurangi pencemaran air dan tanah yang merupakan dampak yang luas bagi masyarakat sekitar, penyediaan sarana dasar sanitasi yang layak bagi masyarakan, peningkatan kesadaran masyarakat untuk peduli terhadap kesehatan sanitasi &nbsp;lingkungan, dan mencegah penyebaran penyakit terutama akibat membuang air besar di sungai. Metode yang digunakan dalam pengabdian pada masyarakat ini adalah melakukan koordinasi dengan Sekretaris Desa Kenderan, melaksanakan penyusunan dan perhitungan rencana anggaran biaya. Implementasi pelaksanaan pembangunan jamban. Berdasarkan atas uraian permasalahan tersebut di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Perlindungan Perempuan dan Anak Melalui Pemberian Sumbangan Jamban Di Desa Kenderan, Kecamatan Tegalalang, Kabupaten Gianyar Provinsi Bali merupakan hal yang sangat urgen, dan tepat untuk diberikan, mengingat ditetapkannya Desa Kenderan sebagai Desa Wisata, sangat ironis kalau masih ada masyarakat yang tidak memiliki Jamban yang layak</p> Gorda, Anak Agung Ayu Ngurah Tini Rusmini , Suryathi, Ni Wayan Hak Cipta (c) 2024 LOKATARA SARASWATI https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/lokasaraswati/article/view/9220 Fri, 31 May 2024 00:00:00 +0800