PELATIHAN BAHASA INGGRIS DAN HOSPITALITY KEPADA STAFF BEYOND BUNGALOWS

Penulis

  • Sulatra I Komang Universitas Mahasarasawati Denpasar
  • Pratiwi Desak Putu Eka Universitas Mahasarasawati Denpasar
  • Agosta Komang Tobi Arindra Universitas Mahasarasawati Denpasar

Kata Kunci:

Pengabdian Kepada Masyarakat, Bahasa Inggris, dan staf

Abstrak

Beyond Bungalows merupakan salah satu bentuk akomodasi wisatawan yang terletak di Padang Linjong, Canggu, Bali. Tamu yang menginap di bungalow ini kebanyakan berasal dari luar negeri. Ini membuat staff bungalow harus dapat berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Inggris. Namun melalui observasi ditemukan bahwa para staff belum dapat berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris secara aktif. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan di tempat ini dengan tujuan memberikan pelatihan bahasa Inggris yang dapat menunjang aktifitas staf dalam memberikan pelayanan kepada tamu. Terdapat 3 program yang akan dilaksanakan yaitu memberikan materi, tips dan trik, dan memberi contoh kepada Staff dan melakukan praktek langsung bersama sesama peserta pelatihan mengenai cara memberikan pelayanan dengan sikap yang tepat kepada tamu. Hasil yang diperoleh setelah memberikan pelatihan adalah adanya peningkatan kemampuan berbahasa Inggris para staff yang membuat rasa kepercayaan diri mereka meningkat saat berkomunikasi dengan Tamu asing yang menginap di Beyond Bungalow

Referensi

Antika, R. (2021). The effects of English songs in learning vocabulary for young learners. 10th National Online Seminar on Linguistics, Language, Teaching and Literature, 119-131.

Candra, D. P., Ariyaningsih, D., & Maharani, D. (2018). Pelatihan Bahasa Inggris Komunikatif Untuk Kelompok Life Guard di Daerah Kuta. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 1-6.

Handayani, S. (2015). PENTINGNYA KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS. Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) Jawa Tengah, 102-106.

Kusuma, C. S. (2018). INTEGRASI BAHASA INGGRIS DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Jurnal Efisiensi – Kajian Ilmu Administrasi, 43-50.

Sudjana, N. (2005). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sulatra, I K., dkk (2022). Peningkatan Minat Belajar Bahasa Inggris Siswa SMP dan SMA Dalam Pembelajaran Simple Present Tense di Panti Asuhan Anak-Anak Wisma Harapan, Dalung, Badung. Artikel dalam Prosiding Senadiba 2021 hal 143-148. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/senadiba/article/view/3231/2537

Uno, B., & Hamzah. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Diterbitkan

2022-12-30