ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.36733/jsp.v14i2.9022Keywords:
Kemampuan Analisis, Literasi Matematika, Gaya BelajarAbstract
Kemampuan Literasi Matematika merupakan kemampuan seseorang dalam merumuskan, menggunakan dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks, termasuk di dalamnya bernalar secara matematis dalam menjelaskan serta memprediksi fenomena. Kemampuan literasi matematika sangat penting dimiliki oleh siswa karena dapat membantu siswa untuk memahami peran atau kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari dan membuat penilaian serta keputusan secara rasional dan logis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV yang ditinjau dari gaya belajar masing-masing siswa. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IX A SMP Negeri 14 Denpasar yang berjumlah 30 orang siswa. Adapun sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling sehingga jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 3 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pengisian angket gaya belajar, tes kemampuan literasi menggunakan soal cerita SPLDV dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan hasil tes literasi matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Subjek Gaya belajar visual dengan persentase 40 % bisa melewati seluruh proses dalam menyelesaikan masalah matematika, mulai dari memahami permasalahan, menerapkan konsep matematika, hingga menafsirkan hasil matematika.Subjek yeng memiliki gaya belajar auditorial dengan persentase 30 % mampu melewati satu fase literasi yaitu merumuskan konsep matematika dengan baik. Sedangkan Kemampuan literasi matematika siswa dengan gaya belajar kinestetik dengan persentase 30 % dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV dikategorikan cukup karena melalui 2 fase literasi matematika yaitu merumuskan masalah matematika dan menggunakan konsep matematika dalam penyelesaian masalah.
Downloads
References
Akinyode, B. F & Khan, T.H. 2016. “Student’s Learning Style among Planning Students in Nigeria using Kolb’s Learning Style Inventory. Indian Journal of Science and Technology, 9(47): 1-13
Amin, A., & Suardiman, S. P. (2016). Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Dan Model Pembelajaran. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 12. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7688
Aula, Maulida F.R. 2018. “Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar dan Gender Peserta Didik Pada Pembelajaran PBL Berbantuan Asesmen Proyek”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.
Nasution, M. (2018). Konsep Standar Proses Dalam Pembelajaran Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 6(1), 120–138. https://doi.org/10.24952/logaritma.v6i01.1249
Nurvicalesti, N., Rachmani Dewi, N., & Walid. (2019). Kemampuan Literasi Matematika pada Pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) Berpendekatan Realistik. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 103–108. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
OECD. (2016). PISA 2015. Result in focus. OECD Publishing.
Pambudi, R. N. (2020). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Triigonometri Ditinjau Dari Gaya Belajar Di Kelas X Man 3 Tulungagung. http://repo.uinsatu.ac.id/19861/
Sari, D. U., Adam, P., Kodirun, & Busnawir. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Ditinjau Dari Gaya Belajar Dan Perbedaan Gender. Pembelajaran Berpikir Matematika, 4, 23–34
Setiawan, A. (2017). Pengaruh Kemampuan Analisis terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Intellegent Quotion (IQ). NUMERICAL (Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika), 1(1), 57. https://doi.org/10.25217/numerical.v1i1.120
Syawahid, M., & Putrawangsa, S. (2017). Kemampuan literasi matematika siswa SMP ditinjau dari gaya belajar. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 222–240. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.121
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Si Ayu Yogi Iswari, I Gusti Ayu Putu Arya Wulandari, I Made Dharma Atmaja
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.