ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE HOTS BERDASARKAN PROSEDUR POLYA PADA MATERI ALJABAR

Authors

  • Qurrotul Ayun Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Putu Arya Wulandari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Adi Wibawa Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Analisis Kesalahan, Prosedur Polya, Materi Aljabar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apa saja jenis kesalahan yang dilakukan di SMPN 4 Sukawati (2) untuk mengetahui apa saja penyebab siswa di SMPN 4 Sukawati melakukan kesalahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif. Hasil penelitian ini adalah (1) kesalahan dalam tahap memahami masalah (25,53%.), kesalahan menyusun rencana (24,18%), kesalahan transformasi (20,21%), kesalahan melaksanakan rencana (24,46%) dan kesalahan memeriksa kembali hasil yang diperoleh (29,78%.). (2) Penyebab kesalahan yang dilakukan siswa adalah (a) siswa tidak memahami soal, (b) siswa kurang teliti, (c) siswa terlalu terburu-buru dalam mengerjakan dan menyelesaikan soal, (d) siswa kurang latihan mengerjakan soal bentuk cerita dengan variasi berbeda, (e) siswa kurang mampu menangkap informasi masalah yang terkandung dalam soal, (f) siswa ragu menuliskan jawabannya, (g) tidak membuat kesimpulan dari jawaban yang diberikan, dan (h) Siswa kurang teliti dalam menyelesaikan soal tanpa mengecek kembali jawaban yang didapatkan. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriliyanto, B. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Turunan Fungsi Aljabar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 117–125.

Ernawati., Sutiarso, S. (2020). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Matematika Kategori Higher Order Thinking Skills Menurut Tahapan Polya. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 13(2), 178–195.

Hudojo, H. (2003). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press

Moleong, J.L. (2006). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Retnawati, H., Djidu, H., Apino, E., Risqa, D., & Anazifa. (2018). Teachers’ knowledge about higher-order thinking skills and its learning strategy. Problems of Education in the 21st Century, 76(2), 215– 230.

Utami, R.W. & Wutsqa, D.U. (2017) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166–175.

Wahyudi, E. (2020). Analisis Kemampuan Siswa SMA Kabupaten Sumba Barat Daya Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 163–169.

Downloads

Published

2022-03-31