ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA POKOK BAHASAN ALJABAR BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN

Authors

  • Putu Reynaldy Artha Nugraha Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Rahayu Puspadewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Adi Wibawa Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v12i2.4804

Keywords:

Analisis Kesalahan, Prosedur Newman, Soal Cerita Aljabar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan serta penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal cerita matematika. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes esai dan lembar wawancara. Sebanyak 30 orang siswa kelas VII H SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar menjadi subjek penelitian ini. Metode purposive sampling digunakan untuk selanjutnya memilih 6 subjek untuk diwawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dialami oleh kelompok tinggi terbanyak terjadi pada tahap penulisan jawaban akhir, kelompok sedang terbanyak pada tahap transformasi dan keterampilan proses, sedangkan kelompok rendah pada tahap transformasi. Penyebab kesalahan yang terjadi adalah (1) kurang memahami soal dengan baik, (2) kurang hati-hati dalam membaca soal (3) kurang teliti dalam menghitung, (4) terburu-buru dalam mengerjakan soal, dan (5) kurang bisa mengelola waktu dengan baik saat mengerjakan soal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyanti, N. P. V. C. P., Wena, M., & Payadnya, P. A. A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Uraian Matematika Pada Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus Pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1 Blahbatuh [Thesis (Skripsi)]. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Dewi, S. K., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2014). Penerapan Model Polya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dalam Memecahkan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD, 2(1).

Fitriatien, S. R. (2019). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 53–64.

Gayatri, G. A. P., Puspadewi, K. R., & Wulandari, I. G. A. P. A. (2021). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Menggunakan Prosedur Newman Pada Siswa Kelas VIIIF SMP Negeri 1 Blahbatuh [Thesis (Skripsi)]. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Prakitipong, N., & Nakamura, S. (2006). Analysis of Mathematics Performance of Grade Five Students in Thailand Using Newman Procedure. In Journal of International Cooperation in Education (Vol. 9, Issue 1).

Rokhimah, S. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Aritmetika Sosial Kelas VII Berdasarkan Prosedur Newman [Thesis (Under Graduates), Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21563

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D) (27th ed.). Alfabeta Bandung.

Umam, M. D. (2014). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan. In Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (Vol. 3).

Downloads

Published

2022-09-30