PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.36733/jsp.v15i2.11871Keywords:
Hasil Belajar, Matematika, BerdiferensiasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana peningkatan hasil belajar siswa kelas VII.7 SMP Negeri 6 Denpasar dalam mata pelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Sebelum penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada siklus I, persentase ketuntasan hasil belajar siswa hanya mencapai 35%, sementara setelah penerapan pada siklus I, 50% peserta didik berhasil mencapai ketuntasan maksimal. Pada siklus II, tingkat ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 90%. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran matematika berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tingkat ketuntasan belajar yang mencapai 90% menandakan bahwa indikator keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian ini telah tercapai. Pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran dengan menyesuaikan materi, metode, dan produk pembelajaran sesuai dengan kebutuhan, minat, serta gaya belajar masing-masing peserta didik, sehingga menghasilkan proses pembelajaran yang lebih efektif dan inklusif.
Downloads
References
Astiti, N.D., Mahadewi, L.P., & Suarjana, I.M. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. Mimbar Ilmu.
Datu, A.R., Tumurang, H.J., & Sumilat, J.M. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu.
Gesi, S.L. (2024). Peran Guru Membentuk Sikap Tanggung Jawab Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Paidea : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia.
Gusteti, M.U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika.
Gymnastiar, A.M. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Kelas. El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran.
Hidayati, P.K., Safrizal, S., & Fadriati, F. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Iskandar, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IX.A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI).
Nata, B.R., Azis, A.R., Zamhariroh, N.M., Salik, M., & Fahmi, M. (2024). Relevansi Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Pendidikan Jiwa Perspektif Ibnu Sina. Al-Hasanah : Jurnal Pendidikan Agama Islam.
Nugroho, C.M., & Darmawan, P. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Teori Belajar Humanistik pada Sekolah Dasar: Studi Literatur. Journal of Innovation and Teacher Professionalism.
Ramadhan, W., Rifana, F., Meisya, R., Putro, K.Z., & Frasandy, R.N. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan.
Restini, I.L., Ismaimuza, D., & Fatmawati (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika.
Triastuti, A., Agusdianita, N.A., & Desri, D. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Abad 21 Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series.
Tulak, A.M., Gasong, D., & Baan, A. (2024). Efektivitas Kompetensi Guru Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Sopai. Indonesian Research Journal on Education.
Wahyuni, S., & Haryanti, N. (2024). Optimalisasi Kompetensi Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Media Digital. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan.
Wulandari, E.A., Soewardini, H.M., & Utami, S. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Matriks Di Sma Negeri 6 Surabaya. Jurnal Pendidikan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kadek Rahayu Puspadewi, Ni Nyoman Ari Laksmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.