PERSPEKTIF PENDIDIK MATEMATIKA DI BALI INDONESIA TENTANG SIGNIFIKANSI PEMBELAJARAN ETNOMATEMATIKA

Authors

  • I Putu Ade Andre Payadnya Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Putu Arya Wulandari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Rahayu Puspadewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ayu Dewi Chandra Pradnyanita Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Nyoman Ari Laksmi Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v14i1.8662

Keywords:

Etnomatematika, Perspektif, Matematika Pendidik, Deskriptif Kualitatif

Abstract

Etnomatematika, atau matematika budaya, sangat penting dalam upaya memahami, menjelaskan, memanipulasi, dan akhirnya menggunakan konsep matematika untuk mengatasi kesulitan dalam kehidupan sehari-hari. Namun etnomatematika dipandang sebagai topik yang kompleks di Indonesia sehingga dapat menimbulkan kesulitan karena harus dipahami dengan baik. Penelitian ini bermaksud untuk menutup kesenjangan tersebut dengan menggali perspektif pendidik matematika di Indonesia sebagai pemangku kepentingan yang penting dalam mempelajari pentingnya etnomatematika secara mendalam. Responden penelitian ini adalah dosen, guru, dan guru prajabatan Indonesia. Kuesioner dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data. Reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi, dan pemeriksaan kualitas data melalui sumber merupakan beberapa teknik analisis data yang digunakan. Respon positif ditunjukkan oleh para pendidik matematika mengenai pentingnya etnomatematika dalam pembelajaran, dengan rata-rata skor responden di Indonesia sebesar 4,77. Penelitian ini menyimpulkan pentingnya mengintegrasikan etnomatematika dalam pendidikan, yang terkait erat dengan pengembangan budaya, menekankan peran penting penggunaan strategi komprehensif dalam implementasinya. Penelitian berikutnya diharapkan akan melibatkan lebih banyak responden dari berbagai latar belakang budaya, serta dilakukan secara lintas negara

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anhalt, C. O., Staats, S., Cortez, R., & Civil, M. (2018). Mathematical Modeling and Culturally Relevant Pedagogy. January, 307–330. https://doi.org/10.1007/978-3-319-66659-4_14

Brandt, A., & Chernoff, E. (2014). The Importance of Ethnomathematics in the Math Class. Ohio Journal of School Mathematics, 71, 31–36.

Darmayasa, J. B., Wahyudin, W., & Mulyana, T. (2019). Ethnomathematics: Operasi Bilangan Bulat Pada Aturan “Petemuan” Masyarakat Bali. Mathematic Education And Aplication Journal, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.35334/meta.v1i1.834

Freire, P., & McCray, A. D. (2020). Pedagogy of the Oppressed. Bloomsbury Publishing.

Gutierrez, R. (2017). Embracing the Inherent Tensions in Teaching Mathematics from a Critical Sociocultural Perspective. Journal for Research in Mathematics Education, 48(1), 5-13.

Nasir, N. S., Hand, V., & Taylor, E. V. (2008). Culture and Mathematics in School: Boundaries Between “Cultural” and “Domain” Knowledge in the Mathematics Classroom and Beyond. Review of Research in Education, 32(1), 187-240. https://doi.org/10.3102/0091732X07308962

Nasir, N. I. S. (2021). Racialized epistemologies and mathematics education: A framework for advancing equity. Journal for Research in Mathematics Education, 52(1), 130-139.

Nur, A. S., Sukestiyarno, Y. L., & Junaedi, I. (2019). Etnomatematika Dalam Perspektif Problematika Pembelajaran Matematika : Tantangan Pada Siswa Indigenous. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 910–916.

Rachmawati, I. (2012). Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Sidoarjo. MATHEdunesa, 1(1). https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v1n1.p%25p

Richardo, R. (2016). Peran Ethnomatematika dalam Penerapan Pembelajaran Matematika. Literasi, 7(2), 118–125. http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2016.7(2).118-125

Roche, A., Gervasoni, A., & Kalogeropoulos, P. (2023). Factors that promote interest and engagement in learning mathematics for low-achieving primary students across three learning settings. In Mathematics Education Research Journal (Vol. 35, Issue 3). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/s13394-021-00402-w

Rosa, M., & Orey, D. C. (2011). Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematics Etnomatemática: os aspectos culturais da matemática. Revista Latinoamericana de Etnomatemática, 4(2), 32–54. http://www.redalyc.org/articulo.oa?id=274019437002

Semiawan, C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: PT Grasindo.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ubah, C. M., & De Abreu, G. (2019). Ethnomathematics and the African Diaspora: Culturally Situated Learning, Communities of Practice, and Identity. The Journal of Negro Education, 88(2), 138-150.

Downloads

Published

2024-03-29