PERSPEKTIF PENDIDIK MATEMATIKA DI BALI INDONESIA TENTANG SIGNIFIKANSI PEMBELAJARAN ETNOMATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.36733/jsp.v14i1.8662Keywords:
Etnomatematika, Perspektif, Matematika Pendidik, Deskriptif KualitatifAbstract
Etnomatematika, atau matematika budaya, sangat penting dalam upaya memahami, menjelaskan, memanipulasi, dan akhirnya menggunakan konsep matematika untuk mengatasi kesulitan dalam kehidupan sehari-hari. Namun etnomatematika dipandang sebagai topik yang kompleks di Indonesia sehingga dapat menimbulkan kesulitan karena harus dipahami dengan baik. Penelitian ini bermaksud untuk menutup kesenjangan tersebut dengan menggali perspektif pendidik matematika di Indonesia sebagai pemangku kepentingan yang penting dalam mempelajari pentingnya etnomatematika secara mendalam. Responden penelitian ini adalah dosen, guru, dan guru prajabatan Indonesia. Kuesioner dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data. Reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi, dan pemeriksaan kualitas data melalui sumber merupakan beberapa teknik analisis data yang digunakan. Respon positif ditunjukkan oleh para pendidik matematika mengenai pentingnya etnomatematika dalam pembelajaran, dengan rata-rata skor responden di Indonesia sebesar 4,77. Penelitian ini menyimpulkan pentingnya mengintegrasikan etnomatematika dalam pendidikan, yang terkait erat dengan pengembangan budaya, menekankan peran penting penggunaan strategi komprehensif dalam implementasinya. Penelitian berikutnya diharapkan akan melibatkan lebih banyak responden dari berbagai latar belakang budaya, serta dilakukan secara lintas negara
Downloads
References
Anhalt, C. O., Staats, S., Cortez, R., & Civil, M. (2018). Mathematical Modeling and Culturally Relevant Pedagogy. January, 307–330. https://doi.org/10.1007/978-3-319-66659-4_14
Brandt, A., & Chernoff, E. (2014). The Importance of Ethnomathematics in the Math Class. Ohio Journal of School Mathematics, 71, 31–36.
Darmayasa, J. B., Wahyudin, W., & Mulyana, T. (2019). Ethnomathematics: Operasi Bilangan Bulat Pada Aturan “Petemuan” Masyarakat Bali. Mathematic Education And Aplication Journal, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.35334/meta.v1i1.834
Freire, P., & McCray, A. D. (2020). Pedagogy of the Oppressed. Bloomsbury Publishing.
Gutierrez, R. (2017). Embracing the Inherent Tensions in Teaching Mathematics from a Critical Sociocultural Perspective. Journal for Research in Mathematics Education, 48(1), 5-13.
Nasir, N. S., Hand, V., & Taylor, E. V. (2008). Culture and Mathematics in School: Boundaries Between “Cultural” and “Domain” Knowledge in the Mathematics Classroom and Beyond. Review of Research in Education, 32(1), 187-240. https://doi.org/10.3102/0091732X07308962
Nasir, N. I. S. (2021). Racialized epistemologies and mathematics education: A framework for advancing equity. Journal for Research in Mathematics Education, 52(1), 130-139.
Nur, A. S., Sukestiyarno, Y. L., & Junaedi, I. (2019). Etnomatematika Dalam Perspektif Problematika Pembelajaran Matematika : Tantangan Pada Siswa Indigenous. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 910–916.
Rachmawati, I. (2012). Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Sidoarjo. MATHEdunesa, 1(1). https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v1n1.p%25p
Richardo, R. (2016). Peran Ethnomatematika dalam Penerapan Pembelajaran Matematika. Literasi, 7(2), 118–125. http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2016.7(2).118-125
Roche, A., Gervasoni, A., & Kalogeropoulos, P. (2023). Factors that promote interest and engagement in learning mathematics for low-achieving primary students across three learning settings. In Mathematics Education Research Journal (Vol. 35, Issue 3). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/s13394-021-00402-w
Rosa, M., & Orey, D. C. (2011). Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematics Etnomatemática: os aspectos culturais da matemática. Revista Latinoamericana de Etnomatemática, 4(2), 32–54. http://www.redalyc.org/articulo.oa?id=274019437002
Semiawan, C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: PT Grasindo.
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Ubah, C. M., & De Abreu, G. (2019). Ethnomathematics and the African Diaspora: Culturally Situated Learning, Communities of Practice, and Identity. The Journal of Negro Education, 88(2), 138-150.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 I Putu Ade Andre Payadnya, I Gusti Ayu Putu Arya Wulandari, Kadek Rahayu Puspadewi, Ayu Dewi Chandra Pradnyanita, Ni Nyoman Ari Laksmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.