ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL URAIAN MENGGUKANAN PROSEDUR NEWMAN DI KELAS VIIIC SMP TP. 45
DOI:
https://doi.org/10.36733/jsp.v11i3.2456Keywords:
analisis kesalahan siswa, prosedur Newman, teorema PythagorasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya kesalahan dan faktor penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal matematika khususnya soal uraian. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan data kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP TP. 45 Denpasar dengan jumlah 30 orang siswa yang kemudian dikelompokkan menjadi 3 kelompok yaitu kelompok tinggi, kelompok sedang, dan kelompok rendah. Dari 3 kelompok tersebut diambil 2 sampel dengan metode pengambilan sampel metode purpose sampling sehingga jumlah sampel penelitian menjadi 6 siswa. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa presentase kesalahan-kesalahan yang terjadi ketika siswa mengerjakan soal uraian adalah kesalahan dalam tahap membaca soal (14,3%), kesalahan memahami masalah (30,2%), kesalahan transformasi (27%), kesalahan kemampuan proses (19%), dan kesalahan penulisan jawaban akhir (41,3%). Penyebab kesalahan kesalahan yang dilakukan siswa adalah siswa kurang memahami soal yang diberikan, siswa kurang teliti dalam menuliskan rumus dan menyelesaikan soal, siswa tidak memeriksa kembali hasil pekerjaannya, siswa kurang memanfaatkan waktu dengan baik, siswa terlalu buru-buru dalam menyelesaikan soal. Tenaga pendidik hendaknya menciptakan suasana pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi serta kemampuan berpikir matematis siswa.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 FKIP Universitas Mahasaraswati Denpasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.