MENINGKATKAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT
DOI:
https://doi.org/10.36733/jsp.v13i2.7593Keywords:
Team Games Turnament (TGT), Hasil Belajar, Aktivitas Belajar, MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) pada siswa kelas VII A SMP Negeri 5 Tana Righu. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Analisis hasil belajar dilakukan dalam tiga kategori yaitu rata-rata nilai, ketuntasan belajar, dan daya serap. Pada siklus I hasil yang ditunjukkan pada masing-masing kategori yaitu 71,8, 53%, dan 71,8. Sementara itu, pada siklus II skor pada masing-masing kategori yaitu 81,1 89%, dan 81,1. Hasil ini menunjukkan terjadi peningkatan kategori hasil belajar secara berturut-turut sebesar 12,95%, 67,92%, dan 12,95%. Dari sudut pandang aktivitas belajar, pada siklus I skor rata-rata siswa sebesar 11,60 dengan kategori cukup aktif dan di siklus II sebesar 14,12 dengan kategori aktif. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa. Dari hasil analisis data penelitian tersebut menunjukkan bahwa hasil dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran TGT. Penelitian menggunkanan model pembelajaran kooperatif tipe TGT diharapkan dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran matematika untuknmeningkatkan kualitas belajar siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 FKIP Unmas Denpasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.