PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY-INQUIRY BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Authors

  • I Gusti Ayu Putu Arya Wulandari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Bagus Krisna Indira Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Ketut Suwija Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v15i2.11417

Keywords:

discovery-inquiry, hasil belajar siswa, quizizz.

Abstract

Hasil PISA 2022 menunjukkan meskipun Indonesia naik lima peringkat dalam literasi matematika, skor matematika Indonesia justru menurun dari 379 menjadi 366, terendah sejak 2006. Penurunan ini disebabkan oleh rendahnya hasil belajar siswa, yang belum mencapai pemahaman optimal terhadap konsep matematika. Observasi di SMP Negeri Hindu 3 Blahbatuh menunjukkan bahwa pembelajaran matematika masih didominasi metode ceramah dan latihan soal, yang kurang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Akibatnya, hasil ulangan matematika masih rendah, menandakan bahwa metode yang digunakan belum optimal dalam meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery-Inquiry berbantuan Quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri Hindu 3 Blahbatuh pada materi SPLDV. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi-eksperimen menggunakan desain eksperimen Posttest Only Control Group dengan populasi 152 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah Cluster Random Sampling, menghasilkan kelas kontrol (VIII A) dan kelas eksperimen (VIII C). Hasil analisis menunjukkan , yaitu  dengan taraf signifikan 5% sehingga  ditolak dan  diterima, yang mengindikasikan pengaruh positif yang signifikan pada hasil belajar siswa. Uji effect size memperoleh nilai 1,08, menunjukkan pengaruh yang sangat tinggi. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar pengajar matematika menerapkan Model Discovery-Inquiry berbantuan Quizizz untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, M. S., & Imami, A. I. (2024). Pengukuran Minat Belajar Siswa Kelas Xi Sma Dalam Proses Pembelajaran Matematika. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 10(1), 209–215. https://doi.org/10.29100/jp2m.v10i1.5398

Amsul, K. M., Irmayanti, I., Fitriani, F., & P, S. (2022). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA MAN 2 Sinjai. JTMT: Journal Tadris Matematika, 3(1), 10–17. https://doi.org/10.47435/jtmt.v3i1.973

Haryanto. (2020). Evaluasi pembelajaran, konsep dan manajemen. In UNY Press.

Inayaturrohmah, U., & Saraswati, S. (2022). Media Evaluasi Pada Pembelajaran. Universal Journal, 9(3), 1–6.

Karmila, D., Wulandari, L., Monica, C., Zulhimar, Z. D., & Novia, A. E. (2023). Efektivitas Penggunaan Quizizz sebagai Media Penilaian Siswa pada Mata Pelajaran TIK. Journal on Education, 5(4), 14636–14643. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2521

Kemendikbudristek. (2023). Literasi Membaca, Peringkat Indonesia di PISA 2022. Laporan Pisa Kemendikbudristek, 1–25.

Lase, A., & Ndruru, F. I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Inquiry Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 35–44. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.6

Mukaramah, M., Kustina, R., & Rismawati. (2020). Analisis Kelebihan dan Kekurangan Model Discovery Learning Berbasis Media Audiovisual dalam Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1), 1–9.

Payadnya, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan penelitian eksperimen beserta analisis statistik dengan SPSS. Deepublish.

Restyani, N. K. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Inquiry Berbasis Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 168. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15399

Septariani Isnain, A., Irawan, E., Ekapti, R. F., Faizah, U. N., & Artikel, R. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery-Inquiry Berbantuan Mind Mapping Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Rasional Peserta Didik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(3), 314–322. http://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jtii

Suryawan, I., Santyasa, I., & Sudarma, I. (2020). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY-INQUIRY Program Studi Teknologi Pembelajaran Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 10(1), 25–34.

Downloads

Published

2025-09-25

Most read articles by the same author(s)