PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PERJUANGAN KAPTEN MUDITA UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA
Keywords:
numbered head together (nht), perjuangan kapten Mudita, berpikir kritis, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data yang pasti tentang model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) berbasis perjuangan kapten Mudita dan menemukan cara yang tepat untuk penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) dalam meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar sejarah siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 6 Denpasar tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan proses pembelajaran sejarah dengan model pembelajaran kooperatif tipe (NHT) berbasis audio visual perjuangan kapten Mudita dapat diterapkan pada siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 6 Denpasar. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) berbasis audio visual perjuangan kapten Mudita terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis yang ditunjukkan pada siklus I dengan total skor 2756 dan pada siklus II dengan total skor 3.039. Hasil belajar siswa dengan rerata 72,43, daya serap 72,43%, dan ketuntasan belajar 43,33% pada siklus I, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan menjadi rerata 81,6, daya serap 81,6%, dan ketuntasan belajar mencapai 100%. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran sejarah di sekolah, karena dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 FKIP Universitas Mahasaraswati Denpasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.