PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS X-AP4 SMK PGRI 4 DENPASAR

Authors

  • I Ketut Laba Sumarjiana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Lydia Lisa Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Bagus Nyoman Wartha Universitas Mahasaraswati Denpasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media gambar dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar sejarah siswa kelas X-AP4 SMK PGRI 4 Denpasar. Instrumen penelitian dalam tulisan ini meliputi data observasi, dokumentasi, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan tes. Jenis penelitian yang digunakan dalam tulisan ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/ evaluasi, dan refleksi. Subjek Penelitian ini adalah sebanyak 33 siswa di kelas X-AP4 SMK PGRI 4 Denpasar tahun pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan, yaitu model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menunjukan hasil belajar siswa sebagai berikut: (1) pada tes awal peningkatan pembelajaran sejarah memperoleh nilai rata-rata 60,30 yang dikelompokan dalam kategori kurang; (2) pada siklus I menunjukkan peningkatan pembelajaran sejarah memperoleh nilai yang dikelompokan dalam kategori baik, yaitu 70; (3) Pada siklus II peningkatan pembelajaran sejarah memperoleh nilai rata-rata yang dikelompokan dalam kategori meningkat, yaitu 85.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-09-30