HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA

Authors

  • Ni Made Hermayanti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Gusti Ayu Made Arna Putri Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Putu Ade Andre Payadnya Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v14i2.9099

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Literasi Matematika, Ex-Post Facto

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai tingkat kecerdasan emosional dan kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII C di SMP N 14 Denpasar. Pengkajian tersebut dilakukan berdasarkan data yang telah dikumpulkan dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, pemberian angket (kuesioner), pemberian tes uraian, serta dokumentasi. Keadaan di lapangan menunjukan kebanyakan siswa masih memiliki kemampuan yang rendah dalam menyelesaikan soal atematika kompleks. Dari keadaan di lapangan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan literasi matematika siswa. Pendekatan kuantitatif digunakan pada penelitian ini  dengan jenis penelitian ex-postfacto. Adapun desain penelitiannya menggunakan causal comparative research dengan teknik purpossive sampling. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP N 14 Denpasar dengan sampel yang diambil yaitu siswa kelas VIII C di sekolah tersebut. Hasil analisis deskriptif menunjukan baik tingkat kecerdasan emosional maupun kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII C di SMP N 14 Denpasar berada pada kategori sedang. Dengan hasil analisis inferensial menunjukan terdapat hubungan kecerdasan emosional dengan kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII C di SMP N 14 Denpasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andiri, A., Jajat, Sultoni, K. (2017). Hubungan Kecerdasan Emosi Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Olahraga. Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan. 2(2). 137-141

Ayu, G. D. S. Validitas Isi Instrumen Pengujian Modul Digital Matematika Diskrit Berbasis Open Source di STIKOM Bali (2017). Konferensi Nasional Sistem & Informatika.

Ayu, S., Shafie, M., & Rosli, B. (2020). Uji Reliabilitas Instrumen Penggunaan SPADA (Sistem Pembelajaran dalam Jaringan). 6(1), Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan 145–155. https://doi.org/10.35569

Fitriani, A. D. (2014). Teknik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif. Vol 11 No 1 (2023): Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/224

Hapsari, T. (n.d.). (2019) Literasi Matematis Siswa. In Jurnal Euclid (Vol. 6, Issue 1)

Irfan, M., Nursiah, S., Rahayu, A. N., (n.d.). (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial (Medsos) Secara Positif Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Jurnal Publikasi Pendidikan http://ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend

Iskandar, A. (2017, October 16). Teknik Analisis Validitas Konstruk dan Reliabilitas instrument Test dan Non Test Dengan Software LISREL. https://doi.org/10.31227/osf.io/nbhxq

Kairupan, M., Karame, V., Vica, Y. K., (2019) Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Dengan Kenakalan Remaja Di Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Tombatu Kecamatan Tombatu. Journal Of Community and Emergency. 7(2). 255-269

Lenaini, I., & Artikel, R. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling Info Artikel Abstrak. 6(1), 33–39. https://doi.org/10.31764/historis.vXiY.4075

Mayer, J.D., & Salovey, P. (1993). The intelligence of emotional intelligence. Intelligence, 17, 433-42.

NCTM. (2000). Principle and Standards for School Mathematics. Tersedia pada: www.nctm.org. (15 Mei 2019)

Novita, D. S., & Armanto, D. (2022). Matematika Dalam Filsafat Pendidikan. Axiom : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 10 (2). 202. https://doi.org/10.30821/axiom.v10i2.10302

OECD (2016), PISA 2015 Results (Volume II). Policies and Practices for Successful Schools, OECD Publishing, http://dx.doi.org/10.1787/9789264267510-en

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. PISA: OECD Publishing, Paris. https://doi.org/10.1787/53f23881-en

Pakpahan, R. (2017). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Capaian Literasi Matematika Siswa Indonesia Dalam Pisa 2012. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(3), 331–348. https://doi.org/10.24832/jpnk.v1i3.496

Payadnya, I. P. A. A. (2023). Metode Penelitian (Zulfa & Nita, Ed.; 1st ed.). Haura Utama.

Payadnya, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan Eksperimen Analisis Statistik dengan SPSS. CV. Budi Utama

Rahman, U., Mardhiah, Azmidar. (2022) Hubungan Antara Pola Asuh Permisif Orangtua Dan Kecerdasan Emosional Siswa Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Islam

Rendrayana, K., Made Suarsana, I., & Nyoman Parwati, N. (n.d.). (2020) Strategi Pembelajaran Analogi dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika RAF. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa

Rosmalah , et al.. (2023). Kecerdasan Emosional Korelasinya Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. 7(2). 327-333

Stacey, K., & Turner, R. (2015). Assessing Mathematical Literacy. In Assessing Mathematical Literacy. https://doi.org/10.1007/978-3-319- 10121-7

Widiarto. (2013). Penelitian Ex Post Facto. Tersedia di https://staffnew.uny.ac.id/upload/131808327/pengabdian/8penelitian-ex-post-facto.pdf

Yulika, R. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosi Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Smp Negeri 1 Sengkang.Inspiratif Pendidikan,8(2), 252-270. https://doi.org/10.24252/ip.v8i2.7838

Yully. E., Ade. M., & Asep, N. (2017). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan.

Downloads

Published

2024-09-30