HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.36733/jsp.v14i2.9099Keywords:
Kecerdasan Emosional, Literasi Matematika, Ex-Post FactoAbstract
Penelitian ini mengkaji mengenai tingkat kecerdasan emosional dan kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII C di SMP N 14 Denpasar. Pengkajian tersebut dilakukan berdasarkan data yang telah dikumpulkan dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, pemberian angket (kuesioner), pemberian tes uraian, serta dokumentasi. Keadaan di lapangan menunjukan kebanyakan siswa masih memiliki kemampuan yang rendah dalam menyelesaikan soal atematika kompleks. Dari keadaan di lapangan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan literasi matematika siswa. Pendekatan kuantitatif digunakan pada penelitian ini dengan jenis penelitian ex-postfacto. Adapun desain penelitiannya menggunakan causal comparative research dengan teknik purpossive sampling. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP N 14 Denpasar dengan sampel yang diambil yaitu siswa kelas VIII C di sekolah tersebut. Hasil analisis deskriptif menunjukan baik tingkat kecerdasan emosional maupun kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII C di SMP N 14 Denpasar berada pada kategori sedang. Dengan hasil analisis inferensial menunjukan terdapat hubungan kecerdasan emosional dengan kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII C di SMP N 14 Denpasar.
Downloads
References
Andiri, A., Jajat, Sultoni, K. (2017). Hubungan Kecerdasan Emosi Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Olahraga. Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan. 2(2). 137-141
Ayu, G. D. S. Validitas Isi Instrumen Pengujian Modul Digital Matematika Diskrit Berbasis Open Source di STIKOM Bali (2017). Konferensi Nasional Sistem & Informatika.
Ayu, S., Shafie, M., & Rosli, B. (2020). Uji Reliabilitas Instrumen Penggunaan SPADA (Sistem Pembelajaran dalam Jaringan). 6(1), Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan 145–155. https://doi.org/10.35569
Fitriani, A. D. (2014). Teknik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif. Vol 11 No 1 (2023): Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/224
Hapsari, T. (n.d.). (2019) Literasi Matematis Siswa. In Jurnal Euclid (Vol. 6, Issue 1)
Irfan, M., Nursiah, S., Rahayu, A. N., (n.d.). (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial (Medsos) Secara Positif Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Jurnal Publikasi Pendidikan http://ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend
Iskandar, A. (2017, October 16). Teknik Analisis Validitas Konstruk dan Reliabilitas instrument Test dan Non Test Dengan Software LISREL. https://doi.org/10.31227/osf.io/nbhxq
Kairupan, M., Karame, V., Vica, Y. K., (2019) Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Dengan Kenakalan Remaja Di Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Tombatu Kecamatan Tombatu. Journal Of Community and Emergency. 7(2). 255-269
Lenaini, I., & Artikel, R. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling Info Artikel Abstrak. 6(1), 33–39. https://doi.org/10.31764/historis.vXiY.4075
Mayer, J.D., & Salovey, P. (1993). The intelligence of emotional intelligence. Intelligence, 17, 433-42.
NCTM. (2000). Principle and Standards for School Mathematics. Tersedia pada: www.nctm.org. (15 Mei 2019)
Novita, D. S., & Armanto, D. (2022). Matematika Dalam Filsafat Pendidikan. Axiom : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 10 (2). 202. https://doi.org/10.30821/axiom.v10i2.10302
OECD (2016), PISA 2015 Results (Volume II). Policies and Practices for Successful Schools, OECD Publishing, http://dx.doi.org/10.1787/9789264267510-en
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. PISA: OECD Publishing, Paris. https://doi.org/10.1787/53f23881-en
Pakpahan, R. (2017). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Capaian Literasi Matematika Siswa Indonesia Dalam Pisa 2012. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(3), 331–348. https://doi.org/10.24832/jpnk.v1i3.496
Payadnya, I. P. A. A. (2023). Metode Penelitian (Zulfa & Nita, Ed.; 1st ed.). Haura Utama.
Payadnya, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan Eksperimen Analisis Statistik dengan SPSS. CV. Budi Utama
Rahman, U., Mardhiah, Azmidar. (2022) Hubungan Antara Pola Asuh Permisif Orangtua Dan Kecerdasan Emosional Siswa Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Rendrayana, K., Made Suarsana, I., & Nyoman Parwati, N. (n.d.). (2020) Strategi Pembelajaran Analogi dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika RAF. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa
Rosmalah , et al.. (2023). Kecerdasan Emosional Korelasinya Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. 7(2). 327-333
Stacey, K., & Turner, R. (2015). Assessing Mathematical Literacy. In Assessing Mathematical Literacy. https://doi.org/10.1007/978-3-319- 10121-7
Widiarto. (2013). Penelitian Ex Post Facto. Tersedia di https://staffnew.uny.ac.id/upload/131808327/pengabdian/8penelitian-ex-post-facto.pdf
Yulika, R. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosi Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Smp Negeri 1 Sengkang.Inspiratif Pendidikan,8(2), 252-270. https://doi.org/10.24252/ip.v8i2.7838
Yully. E., Ade. M., & Asep, N. (2017). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Made Hermayanti, Gusti Ayu Made Arna Putri, I Putu Ade Andre Payadnya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.