PENGARUH PROMOSI, KUALITAS PRODUK DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT BELANJA PADA USAHA KOPI DI TABANAN

Authors

  • I Gusti Agung Diah Pradnya Putri Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Arista Dwi Kurniawan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Pande Ketut Ribek Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Yenny Verawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Gede Putu Purnawat Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

promosi, kualitas produk, kepercayaan, usaha kopi, minat belanja

Abstract

Persaingan dunia bisnis pada era sekarang sangat kompetitif. Salah satu usaha yang semakin marak digeluti saat ini adalah usaha kopi robusta dengan beraneka rasa dan kualitas dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa yang menyebabkan terjadinya keputusan pembelian pada kopi robusta di Tabanan.

Pengumpulan data menggunakan kuesioner skala Likert 5 point. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 105 orang menggunakan metode sensus. Teknik analisa data menggunakan uji regresi linear berganda.

Hasil penelitian menunjukkan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belanja. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belanja. Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belanja, yang berarti semakin tinggi kepercayaan maka minat belanja semakin tinggi. Disarankan meningkatkan frekuensi promosi di media instagram, memperhatikan kesesuaian spesifikasi produk yang dijual dengan segmen pasar, dan disarankan toko online dalam mempromosikan barang yang dijual memberikan narasi apa adanya, sehingga tidak terjadi perbedaan ekspektasi pembeli.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Promosi, dan Lokasi Terhadap Minat Beli di Planet Distro Kota Banjarmasin. Jurnal UNY Vol 8 N0.2

Andayai, 2017. Mananajemen Pemasaran. Jilid I. Jakarta : Salemba Empat.

Arikunto, 2013 Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi VI, Jakarta : PT Rineka Cipta

Arumni, 2013. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen terdiri dari minat secara intrinsik dan minat secara ekstrinsik. Jurnal Lentera Bisnis. Vol 8 No.2

Arumsari, 2012. Dasar-dasar Manajemen Merek. Bayumedia Publishing Malang

Assauri, 2017.Manajemen Pemasaran Jakarta PT RajaGrafindo Persada

Benyamin Molan, 2014 Manajemen Pemasaran :Sari Kuliah, Cetakan I, Satu Nusa, Bandung

Diyatma, 2017.Manajemen Pemasaran, Analisis,Perencanaan dan Pengendalian, Jakarta: LPFE- UI

Ghozali, 2018 Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Squares (PLS). Semarang : Badan penerbit Universitas Diponegoro

Giles, 2004. self efficacy, Armonk New york : M.E. Sharpe, Inc.

Hair, 2016 Essentials of Business Research Methods. Armonk New york : M.E. Sharpe, Inc

Kartika, 2018. Pengaruh Promosi Online Dalam Media Sosial Instagram Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Prabujaya Outfit. Jurnal UMM.ac.id

Knight, 2002. Principles of Marketing. New Jersey Pearson Education Limited

Kotler dan Keller, 2016. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa Indonesia.Jilid 1 dan 2.Jakarta : Erlangga

Kurniawan, 2011. Kepercayaan merupakan faktor utama timbulnya minat belanja konsumen secara online. Jurnal Inovasi Bisnis. 7, 162-165

Lapian dan Roring, 2018.Pengaruh Kepercayaan Dan Motivasi Terhadap Minat Beli Pengguna Shopee Secara Online Pada Aanggota Pemuda GMIM Zaitun Mahakeret. Jurnal Sosioteknologi. Vol. 15. No. 2

Maharani, 2010, Riset Pemasaran. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Marhand, 2019. Pengaruh Promosi, Kepercayaan, Kemudahan, Dan Pengalaman Berbelanja Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Situs Bukalapak.com (Survey Pada Mahasiswa Di Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta). Jurnal Bisnis & Teknologi Politeknik NSC Surabaya. Vol.1 No. 1

Morissan, 2012 Research Methods For Business. Jakarta: Salemba Empat

Mowen dan Minor,2012, Which is More Important in Internet Shopping, Perceived Proce or Trust?. Electronic Commerce Research and Aplications. 11, 241-252.

Muhammad, 2016. Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Kerudung Rabbani. Jurnal Emba Vol 13 No.2

Muhidin dan Abdurahman, 2017. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Penerbit Erlangga Jakarta

Nuary, 2010. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Perdana, 2019.Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi,Pengalaman Berbelanja, Kepercayaan Konsumen, dan Promosi Terhadap Minat Beli Mahasiswa FKIP Unila . Jurnal Production and Operations Management. Vol. 22. No. 4

Perwira ,2017.Pengaruh Kepercayaan, Harga Da Kemudahan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Online (Studi pada toko online olx.co,id).Jurnal Management Vol 13 No.1

Priansa, 2017 Perencanaan & Pengembangan SDM. Bandung. Alfabeta

Rosdiana dan Haris, 2018. Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online. Jurnal Management Pemasaran. Vol. 3 No.2

Sari, 2018. Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Secara Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Jurnal EMBA Vol 10 No.4

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Sujirta, 2020, Pengaruh kepercayaan terhadap minat beli. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 9. No

Downloads

Published

2022-09-30