ANALISIS PENGARUH E-WOM, BRAND IMAGE,DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA TRANSPORTASI DI BALI
Keywords:
Word of Mouth, Brand Image, Service Quality, Service Use DecisionAbstract
Companies will grow and gain a competitive advantage by providing the best quality service, ensuring customer satisfaction and a desire to use the company's services. This study aims to determine and analyze the influence of word of mouth, brand image, and service quality on the decision to use transportation services in Bali. A purposive sampling technique was used to select 80 respondents, representing transportation customers in Denpasar. Data were collected using a Likert-scale questionnaire and processed using the Statistical Program for Social Science (SPSS). The results demonstrate that word of mouth, brand image, and service quality have a positive and significant influence on the decision to use transportation services in Denpasar.
Downloads
References
Afrianty, N. (2021). Theory of Planned Behavior: Medeteksi Intensi Masyarakat Menggunakan Produk Perbankan Syariah. Brimedia Global.
Anggraeni, V., Zamhari, & Astuti, N. (2021). Pengaruh Aspek Kelengkapan Produk, Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan dan Kenyamanan Berbelanja Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan (Studi Kasus pada Permata Cell Kota Pangkalpinang). Jurnal Ilmiah Niaga Bisnis Elektronik, 1(1), 1–7.
Argitama. (2020). Pengaruh E-Service Quality Dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan Produk Gopay (Studi Pada Pengguna Aplikasi Gojek Di Kota Semarang). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689– 1699.
Banjarnahor, D. A. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Jasa Taksi Blue Bird Di Kota Bandung. Almana: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 57–65.
Fadhilah, M., Cahya, A. D., & Regindratama, A. (2023). Pengaruh Variasi Produk Dan Display Layout Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Word Of Mouth Sebagai Variabel Mediasi Di Toko Src Jumasr. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, VII(2), 710–728.
Fakhrudin, A. (2020). Citra Perusahaan , Citra Pemakai , Citra Produk Terhadap Loyalitas Konsumen STTKD Yogyakarta. Jurnal Manajemen Dirgantara, 13(1), 11–18.
Finanda, I. R. (2017). Pengaruh Word Of Mouth dan Brand Image Terhadap Keputusan Penggunaan Salon Kecantikan pada Konsumen Miloff Beauty Bar. E-Journal Widya Ekonomika, 1(1), 177756.
Geraldine, A. L. D., & Anisa, F. (2022). Pengaruh Brand Image, Online Customer Review dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian di Lazada. Borobudur Management Review, 2(2), 132–142. https://doi.org/10.31603/bmar.v2i2.6963
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. BPFE Universitas Diponegoro.
Habir, H., Zahara, Z., & Farid, F. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 4(3), 211–218.
Hasanah, R. (2024). Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Image Terhadap Intensi Pembelian Produk Kecantikan Emina. Jurnal Publikasi Manajemen Informatika, 3(1), 29–38.
Herlina, V. (2019). Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS. PT Elex Media Komputindo.
Hidayati, M. (2019). Pengaruh brand image dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian jasa pada pengguna jasa J&T Express Pusat Mataram. (Doctoral Dissertation, UIN Mataram).
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.
Jumaidin, & Muhajirin. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Produk H Group Indonesia di Kota Bima. Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(2), 197–202.
Kawilarang, C. G., Tumbuan, W. J., & Loindong, S. S. (2022). Analisis Pengaruh Celebirty Endorsement, Beauty Vlogger Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Skincare Lokal Somethinc. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(4), 770–779.
Kurniawati, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian. EQUILIBIRIA: Jurnal Fakultas Ekonomi, 7(2).
Kusuma, T. M., & Hermawan, D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Social Influence Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Online Food Delivery Service. Perspektif: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika, 18(2), 176–180.
Kusuma, Y. E., Satriyono, G., & Samsu, N. (2019). Pengaruh Word Of Mouth (WOM) Dan Brand Image Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Foto Pada Studio Foto 4 Warna Photography Kota Kediri. JIMEK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 2(1), 137–150.
Larasati, N. R., & Chasanah, A. N. (2022). Pengaruh Persepsi Kualitas, Word Of Mouth Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Luwak White Koffie. Jurnal Manajemen Dan Dinamika Bisnis, 1(1), 51–60.
Liya, I., Karmila, K., & Budiono, H. (2021). Pengaruh Hallyu Wave, Brand Ambassador, Brand Image Dan Wom Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mie Sedap Selection Korean Spicy Chicken. REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 2(1), 11–26.
Meitiana. (2017). Perilaku Pembelian Konsumen : Sebuah Tinjauan Literatur Theory of Planned Behavior. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 13(1), 16–24.
Mudiar, W., & Hervianto, D. R. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Toko Online Tokopedia (Studi pada Konsumen Tokopedia Jakarta). Jurnal Simposium Nasional Ilmiah, 415–423.
Mulyanto, D. (2022). Word Of Mouth, Harga, Kualitas Pelayanan Dan Dampaknya Pada Keputusan Pengguna Jasa Transportasi Gojek Di Kota Surakarta. MUARA: Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional, 5(1), 29–34.
Murdiono, Ikhwan, S., Saifulloh, M., Setiadi, R., & Roni. (2019). Pengaruh Marketing Mix, Kualitas Pelayanan dan Citra Merk terhadap Keputusan Pembelian Produk Piston. Journal Economics and Management, 1(1), 72–82.
Nisa, N. R., Kurniati, R. R., & Hardati, R. N. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Grab Car Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Islam MALANG). JIAGABI (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis), 8(1), 59–66.
Priyono, V. F., & Waloejo, H. D. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Clean Your Shoes. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(4), 185–190.
Putri, S. A., Maduwinarti, A., & Mulyati, D. J. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian di Toko Bahan Kue ( Tobaku ) di Surabaya. Seminar Nasional 1(1), 236–240.
Rifani, R. A., Aryanti, S., & Syamsuriani, S. (2023). Pengaruh Word of Mouth dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen ( Studi Pada Livestream Tiktok Shop ). AMSIR: Management Journal, 3(2), 100–114. https://doi.org/10.56341/amj.v3i2.204
Rinaldi, T. I., Syarief, N., & Pusporini. (2020). Analisis Keputusan Penggunaan Transportasi Online Grabcar. PROSIDING BIEMA: Business Management, Economic, and Accounting National Seminar, 1(1), 160–170.
Rohman, A., & Hatmawan, A. A. (2018). Analisis pengaruh citra merek dan kualitas layanan terhadap keputusan pengguna jasa pengiriman (Study kasus pada pengguna jasa JNE Express across nations cabang Nganjuk). CAPITAL: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 1(1), 1–15.
Rukmana, M., Arifin, R., & Hufron, M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Convenience Goods Pada Konsumen Swalayan KUD Pakis. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 8(3).
Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. (Doctoral Dissertation, Udayana University).
Sari, E. N., Farhas, R. J., Zulmi, S., Zakky, M. A., & Bustami. (2021). Analisis Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Smartphone (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai). INNOVATIVE, 1(2), 688–695.
Sitio, V. S. S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Jasa Pengiriman PT. TIKI. Jurnal Ilmiah M- Progress, 9(1).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet.
Sundana, Pranata, S., & Lukita, C. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Batik Trusmi). Jurnal Witana, 01(01), 10–15.
Sutikno, S. (2020). Pengaruh Word Of Mouth, Atribut Produk, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo Di Purwokerto (Studi Pada Konsumen Handphone Oppo di Purwokerto). (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).
Utomo, P. B., & Waloejo, H. D. (2018). Pengaruh Brand Image, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa (Studi Kasus (Penumpang KA Kaligung PT KAI Daop IV Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(4), 155–159.
Yuantari, M. C., Setyaningsih, S. W., & Rachmawati, N. P. (2022). Kualitas Pelayanan Pemberian Vaksinasi COVID-19 Dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas. HIGEIA, 6(1), 84–92.
Zubaidah, I., & Latief, M. J. (2022). Analisis Proses Pengambilan Keputusan Konsumen E-commerce Shopee di Lingkungan RT08 / RW10 Sriamur Bekasi. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Teknologi, 6(2),324-333




