IMPLEMENTASI KONSERVASI SUMBER DAYA AIR MELALUI PROGRAM PENGELOLAAN RAMAH LINGKUNGAN BERBASIS 3R (REUSE, REDUCE, RECYCLE) BERDASARKAN TINGKAT EFISIENSI AIR DAN PENURUNAN PENCEMARAN AIR PADA PT TIRTA INVESTAMA- PABRIK MAMBAL

  • Putu Oka Sutrisna Universitas Udayana
  • Gusti Ngurah Adnya Atmika Universitas Pembangunan Nasional
Keywords: konservasi, 3 R, efisiensi, pencemaran, sumber daya air

Abstract

PT Tirta Investama Pabrik Mambal merupakan industri yang bergerak di bidang produksi Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) di Desa Mambal, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Dalam kegiatan industry pengolahannya telah dilengkapi dengan dokumen lingkungan yaitu AMDAL sekaligus membangun IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) untuk mengolah limbah hasil produknya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis tingkat efisiensi air melalui upaya penghematan pemakaian air bersih, melakukan konservasi air dan menjaga ketersediaan sumberdaya air dan dan penurunan beban pencemaran dengan kegiatan TSS, BOD 5, minyak dan lemak, dan debit air limbah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan ini telah memenuhi kriteria efektivitas dengan hasil rata-rata yang tidak melebihi standar baku mutu yang sudah diterapkan dalam Peraturan Gubernur Provinsi Bali  No 16 tahun 2016 melalui  program kegiatan 3R Air berhasil mencapai angka 25% dalam tingkat efisiensi air mulai dari proses pengolahan air hingga pengemasan produk kemasan 5 galon (HOD), terhadap total produk dengan intensitas pemakaian air tahun 2018 sebesar 1,22 m3 dan berhasil  melakukan  penurunan beban pencemaran air sebesar 2,43 gCOD/Ton Produk tergolong pada 25%. Hal ini karena terjadi perubahan sistem IPAL yang tadinya dibuang ke sungai dan tidak dimanfatkan, ditampung kemudian disalurkan ke toilet untuk air domestik. Dengan demikian program keberlanjutan sumber daya air telah berjalan optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, S. 2012. Konservasi Tanah dan Air dalam Penyelamatan Sumber Daya Air.Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Djajadiningrat, S.T, 2000. Penilaian secara cepat Sumber-Sumber Pencemaran Air, Tanah, dan Udara. Yogyakarta: Andi.

Dokumen Ringkasan Laporan Kinerja Pengelolaan Lingkungan (DRKPL).2019. PT Tirta Investama- Pabrik Mambal.

DPU Direktorat Jenderal Pengairan.2004. Pengembangan Air Tanah Sebagai Subsistem Pengelolaan Sumber Daya Air.

Kodoatie,R.J & Sjarief, R. 2005. Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu. Andi Yogyakarta.

Lubis, J. 2003. Hidrologi Sungai. Jakarta: Badan Penerbit Pekerjaan Umum.

Peraturan Gubernur No. 16 Tahun 2016. Baku Mutu Lingkungan Hidup dan Kriteria Baku Kerusakan Lingkungan Hidup. Bali.

Salsabiela, H. Handayani Chairunnas dan S. Octavian. 2018. Green Petrochemical: Suatu Upaya Mewujudkan Pengelolaan Berkelanjutan. Indramayu : Yayasan Bina Islami.

Suripin, 2002. Pelestarian Sumber Daya Tanah dan Air. Yogyakarta: Andi.

Triwanto, J. 2012. Konservasi Lahan Hutan dan pengelolaan Daerah Aliran Sungai. UMM Press.

Published
2021-03-31