TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN RESEP DI APOTEK KIMIA FARMA 286 PADANG ASRI

Penulis

  • I Nyoman Gede Tri Sutrisna Akademi Farmasi Saraswati Denpasar
  • Putu Ayu Widya Galih Mega Putri Apotek Kimia Farma 286 Padang Asri
  • Kadek Duwi Cahyadi Akademi Farmasi Saraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/medicamento.v2i2.1094

Kata Kunci:

kepuasan, konsumen, kuesioner, pelayanan, resep

Abstrak

Pelayanan kesehatan yang baik dapat meningkatkan kualitas kesehatan individu. Kesehatan merupakan bagian yang penting guna meningkatkan kualitas hidup dari masing-masing individu. Pelayanan kefarmasian merupakan salah satu bagian dari pelayanan kesehatan. Apotek merupakan salah satu sarana atau tempat pelayanan kefarmasian khususnya pelayanan resep. Apotek Kimia Farma sendiri merupakan apotek yang sudah dikenal oleh masyarakat luas khususnya di Bali dengan pelayanan yang ramah, sikap yang baik, kejelasan, dan ketepatan pemberian informasi yang lengkap, kecepatan dan ketelitian dalam pelayanan. Penelitian tentang tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan resep di Apotek kimia Farma 286 Padang Asri merupakan penelitian deskriptif menggunakan kuisioner yang disebarkan kepada 50 responden yang melakukan pengambilan obat dengan resep di apotek tersebut. Penilaian didasarkan pada 5 (lima) dimensi yaitu dimensi responsiveness (ketanggapan pelayanan), dimensi reliability (keandalan pelayanan), dimensi assurance (keyakinan/jaminan), dimensi empathy (perhatian untuk memahami kebutuhan pelanggan) dan dimensi tangible (sarana fisik, perlengkapan dan pegawai). Dari hasil perhitungan dan analisa data yang diperoleh skor rata-rata pada setiap indikator sebagai berikut indikator responsiveness dengan skor rata-rata 3,14 dengan klasifikasi puas, indikator reliability dengan skor rata-rata 3,13 dengan klasifikasi puas, indikator assurance dengan skor rata-rata 3,28 dengan klasifkasi sangat puas, indikator empathy dengan skor rata-rata 3,17 dengan klasifikasi puas, indikator tangible dengan skor rata-rata 3,19 dengan klasifikasi puas. Secara keseluruhan diperoleh skor rata-rata 3,18 dengan klasifikasi konsumen puas dengan pelayanan kefarmasian di apotek kimia farma 286 padang asri.

Biografi Penulis

I Nyoman Gede Tri Sutrisna, Akademi Farmasi Saraswati Denpasar

Prodi D3 Farmasi

Kadek Duwi Cahyadi, Akademi Farmasi Saraswati Denpasar

Prodi D3 Farmasi

Diterbitkan

29-09-2016

Cara Mengutip

Sutrisna, I. N. G. T., Putri, P. A. W. G. M., & Cahyadi, K. D. (2016). TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN RESEP DI APOTEK KIMIA FARMA 286 PADANG ASRI. Jurnal Ilmiah Medicamento, 2(2). https://doi.org/10.36733/medicamento.v2i2.1094

Terbitan

Bagian

Artikel Original