MAKNA DAN PENGGUNAAN VERBA OCHIRU DALAM POLISEMI BAHASA JEPANG SEHARI-HARI TINJAUAN SEMANTIK

Authors

  • I Wayan Wahyu Cipta Widiastika Mahasaraswati University Denpasar
  • Ni Wayan Meidariani Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/sphota.v14i1.3547

Keywords:

makna, jatuh, ochiru, semantik

Abstract

Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa asing yang mempunyai banyak variasi leksikon. Salah satunya adalah variasi leksikon dalam verba. Artikel ini membahas makna dan penggunaan verba ‘ochiru' dalam polisemi. Data berupa kalimat-kalimat yang digunakan oleh penutur asli bahasa Jepang. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan teknik catat. Data dianalisis dengan pendekatan teori makna kontekstual Pateda 2010. Dari data yang telah ditemukan, verba ‘ochiru’ dalam polisemi bahasa Jepang mempunyai makna yang berbeda tergantung konteks penggunaannya. Berdasarkan hasil analisis, secara umum verba ‘ochiru’ bermakna sesuatu yang jatuh dari ketinggian (tangga, pohon, gedung dan lain sebagainya). Dalam penggunaan yang lainnya, verba ‘ochiru’ bermakna (1) menurun (penjualan, berat badan dan penglihatan), (2) jatuh ke permukaan tanah, (3) jatuh dari tangga atau ketinggian (pesawat), (4) tetesan air hujan yang jatuh, (5) ketenaran/reputasi yang jatuh, (6) rumah yang tersambar petir, (7) memarahi/membentak, (8) jatuh cinta atau jatuh dalam ujian (gagal, tidak lulus), (9) tertidur lelap, (10) kekuatan jahat menjadi jatuh/hilang, dan (11) perasaan prustasi/down.

References

Gapur, Abdul (2019). ‘Analisis Makna Polisemi Verba ‘Kiru’ (memotong) dalam kalimat Bahasa Jepang’. Medan: Universitas Sumatra Utara.

Pateda, Mansoer. (2015). Semantik Leksikal. Jakarta: Rineka Cipta.

Retnoningrum, Nurila (2015). ‘Analisis Makna Verba ‘Dasu’ sebagai Polisemi dalam Bahasa Jepang’. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sutedi, Dedi. (2011). Dasar – Dasar Linguistik Bahasa Jepang. Bandung: Humaniora

Sutedi, Dedi. (2016). Dasar-Dasar Linguistik Bahasa Jepang. Bandung: Humaniora Utama Press.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung .

Yuliastuti, Astri (2011). ‘Analisis Verba ‘Ukeru’ dalam Kalimat Bahasa Jepang’. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Widiastika, I. W. W. C. ., & Meidariani , N. W. . (2022). MAKNA DAN PENGGUNAAN VERBA OCHIRU DALAM POLISEMI BAHASA JEPANG SEHARI-HARI TINJAUAN SEMANTIK . SPHOTA: Jurnal Linguistik Dan Sastra, 14(1), 34–44. https://doi.org/10.36733/sphota.v14i1.3547