PEMANFAATAN INTERNET UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS TERJEMAHAN MAHASISWA SASTRA INGGRIS (STUDI KASUS: STIBA SARASWATI DENPASAR)

Authors

  • Putu Nur Ayomi STIBA Saraswati Denpasar

Abstract

RINGKASAN

Internet dengan berbagai fiturnya memiliki potensi yang besar  sebagai referensi dalam proses penerjemahan. Melihat hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran  mengenai  bagaimana mahasiswa mata kuliah penerjemahan memakai internet untuk membantu kegiatan penerjemahan dan  sejauh mana keberhasilan mahasiswa dalam menerjemahkan pada bagian-bagian teks yang menggunakan internet sebagai bantuan. Pada akhirnya penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi  bagaimana memaksimalkan pemanfaatan internet dalam proses penerjemahan sehingga dapat diintegrasikan dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif  kualitatif.  Data diperoleh melalui kuisioner yang diisi mahasiswa, hasil terjemahan dan anotasi penerjemahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat online yang paling banyak digunakan adalah mesin penerjemahan ‘Google Translate’, kamus online dan mesin pencari ‘Google Search’. Kualitas hasil penerjemahan oleh mahasiswa dirasakan masih kurang terutama dilihat dari keakuratan pilihan kata dan aspek tata bahasa.  Kualitas hasil penerjemahan dapat ditingkatkan dengan melatih mahasiswa menggunakan fitur mesin pencari ‘Google Search’ terutama untuk menguji apakah pilihan kata atau phrase yang digunakan natural dalam bahasa Inggris dan mencari alternatif pilihan kata, phrase atau kalimat yang lebih sesuai. Selain itu kesalahan dalam penggunaan tata bahasa bahasa Inggris juga dapat diperbaiki dengan penggunaan perangkat online.

Kata kunci: terjemahan, internet

Downloads

Published

2015-09-28

How to Cite

Putu Nur Ayomi. (2015). PEMANFAATAN INTERNET UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS TERJEMAHAN MAHASISWA SASTRA INGGRIS (STUDI KASUS: STIBA SARASWATI DENPASAR). SPHOTA: Jurnal Linguistik Dan Sastra, 7(2). Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/sphota/article/view/1318