Pengaruh Strategi Graphic Organizer (GO) Terhadap Pengembangan Kosakata Bidang IT Mahasiswa ITB STIKOM Bali

Authors

  • I Gede Putu Adhitya Prayoga Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali
  • Gede Irwandika Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Perdana Skolastika Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

graphic organizer (GO), pengembangan kosakata, IT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah penggunaan strategi Graphic Organizer (GOs) dapat meningkatkan pengembangan kosakata di antara mahasiswa di ITB STIKOM Bali. Populasi studi terdiri dari mahasiswa yang terdaftar di ITB STIKOM Bali. Melalui pengambilan sampel acak berkelompok, dua kelas dipilih sebagai sampel. Kelas-kelas tersebut ditetapkan sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol melalui undian acak. Pendekatan pembelajaran yang berbeda diberikan kepada kedua kelompok: kelompok eksperimen menerima pembelajaran menggunakan strategi Graphic Organizer (GOs), sementara kelompok kontrol menerima pembelajaran menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui pretest, posttest, dan skenario pembelajaran. Analisis hasil menunjukkan perbedaan signifikan dalam pengembangan kosakata antara mahasiswa yang diajarkan menggunakan strategi GO dan yang diajarkan menggunakan Kosakata Konvensional. Perlu dicatat, tidak satupun (0%) dari mahasiswa di kelompok eksperimen mendapat skor di bawah 10, sedangkan di kelompok kontrol, 6 (17,6%) mahasiswa mendapat skor kurang dari sepuluh.

Downloads

Published

2024-06-01

Issue

Section

Articles