Pembelajaran Menulis Cerpen Persahabatan Dengan Pendekatan Kontekstual Melalui Teknik Peta Pikiran

Authors

  • I Made Darma Sucipta Politeknik Negeri Bali

Keywords:

cerpen, kontekstual, peta pikiran

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran menulis cerpen persahabatan dengan pendekatan kontekstual melalui peta pikiran. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif kualitatif. Metode penelitian ini menggunakan beberapa metode yaitu metode dokumentasi berupa dokumen, baik dokumen primer maupun sekunder yang menunjang proses pembelajaran di kelas seperti RPP. Metode observasi, untuk mengetahui bagaimana aktivitas pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan pendekatan kontekstual melalui teknik peta pikiran. Metode tes, digunakan untuk mengetahui hasil tulisan siswa berupa teks cerpen melalui teknik peta pikiran yang telah dibuat, dan metode wawancara untuk mengetahui penerapan penggunaan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran menulis cerpen, dan mengetahui respon siswa terhadap penerapan pembelajaran menulis cerpen dengan pendekatan kontekstual melalui teknik peta pikiran. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia kelas IX di SMP Pelangi Dharma Nusantara dengan jumlah siswa per kelas 28 siswa. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran menulis cerpen persahabatan dengan pendekatan kontekstual melalui teknik peta pikiran. 

Author Biography

I Made Darma Sucipta, Politeknik Negeri Bali

Penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran menulis cerpen persahabatan dengan pendekatan kontekstual melalui peta pikiran. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif kualitatif. Metode penelitian ini menggunakan beberapa metode yaitu metode dokumentasi berupa dokumen, baik dokumen primer maupun sekunder yang menunjang proses pembelajaran di kelas seperti RPP. Metode observasi, untuk mengetahui bagaimana aktivitas pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan pendekatan kontekstual melalui teknik peta pikiran. Metode tes, digunakan untuk mengetahui hasil tulisan siswa berupa teks cerpen melalui teknik peta pikiran yang telah dibuat, dan metode wawancara untuk mengetahui penerapan penggunaan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran menulis cerpen, dan mengetahui respon siswa terhadap penerapan pembelajaran menulis cerpen dengan pendekatan kontekstual melalui teknik peta pikiran. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia kelas IX di SMP Pelangi Dharma Nusantara dengan jumlah siswa per kelas 28 siswa. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran menulis cerpen persahabatan dengan pendekatan kontekstual melalui teknik peta pikiran. 

Downloads

Published

2024-06-01

Issue

Section

Articles