ANALISIS KESALAHAN GRAMATIKAL PADA KARANGAN RECOUNT TEXT MAHASISWA PROGRAM STUDI SASTRA INGGRIS UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR
Keywords:
kesalahan gramatikal, recount text, surface strategy taxonomyAbstract
Dalam proses pembelajaran bahasa, kesalahan (mistake and error) dapat terjadi karena adanya perbedaan sistem pada bahasa pertama pembelajar dengan bahasa kedua yang dipelajari oleh pembelajar (Corder, 1975). Di negara berkembang, seperti di
Indonesia, bahasa Inggris dipelajari dari tingkat pendidikan dasar hingga menengah atas sebagai bahasa asing. Menulis merupakan salah satu kemampuan dalam berbahasa. Rendahnya penguasaan kompetensi gramatikal dalam menulis mengakibatkan munculnya
banyak kesalahan dalam menulis kalimat berbahasa Inggris. Kesalahan gramatikal (grammatical errors) seringkali juga ditemukan pada karangan mahasiswa Semester IV Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Bahasa Asing Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Pada karangan recount text tersebut, ditemukan kalimat-kalimat yang memiliki struktur kalimat yang tidak berterima dalam kaidah atau struktur bahasa Inggris. Kesalahan gramatikal ini terjadi secara konsisten oleh 36 mahasiswa sebagai subjek penelitian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan gramatikal yang ditemukan pada karangan recount text mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan teori surface startegy taxonomy yang digagas oleh (Dulay et al., 1982). Dari hasil analisis, ditemukan empat jenis kesalahan gramatikal dengan presentase penghilangan komponen (omission) 57%, penambahan komponen (addition) 24%, kesalahan penempatan elemen (mis-formation) 15%, dan kesalahan penyusunan elemen (mis-ordering) 4%.