PEMBELAJARAN KONTEN DAN BAHASA SECARA SIMULTAN MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PJBL)
Keywords:
pembelajaran berbasis proyek, simultan, pembelajaran konten dan bahasa, bahasa Inggris, guide lokalAbstract
Artikel ini ditujukan untuk mengimplementasikan PjBL yang dikombinasikan dengan pembelajaran konten dan bahasa Inggris secara simultan untuk meningkatkan kompetensi bahasa Inggris siswa. Secara spesifik, artikel penelitian kualitatif bertujuan untuk mengetahui dua hal: (1) bagaimana pembelajaran dilakukan?; (2) bagaimana persepsi siswa terhadap model pembelajaran?. Partisipan penelitian adalah sekelompok pemandu lokal yang dilatih dengan bahasa Inggris dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka untuk kompetensi pemandu trekking. Pembelajaran satu paket dua puluh empat pertemuan dilakukan di lokasi pengembangan program trekking. Pembelajaran menggunakan model PjBL yang dikombinasikan dengan konten simultan dan pembelajaran bahasa. Hasilnya, PjBL untuk kelompok siswa sudah sesuai dengan empat tahapan pembelajaran utama, yaitu menginventarisasi informasi, berdialog, berdialog, dan memberi umpan balik. Berkaitan dengan persepsi positif siswa, terdapat empat aspek pembelajaran yang menginspirasi mereka untuk berprestasi dengan baik, yaitu aktivitas dalam pembelajaran, kebermaknaan pembelajaran, proses inventarisasi materi dan pengembangan dialog, serta keaslian.