MODEL PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS BALI DWIPA: SYSTEMIC FUNCTIONAL LINGUISTIC

Authors

  • I Ketut Suardana Universitas Bali Dwipa

Keywords:

field, tenor, mode, pembelajaran, mahasiswa

Abstract

Program Studi Bahasa Inggris Universitas Bali Dwipa sangat peka terhadap kebutuhan industri pariwisata di Bali karena peluang Sarjana Bahasa Inggris mempunyai peluang sangat tinggi untuk bekerja di dunia pariwisata di Bali. Kemampuan hanya di bidang kelinguistikan Bahsa Inggris tidak cukup dengan dinamika kepariwisataan. Prodi Bahasa Inggris juga memberikan bekal kemampuan Bahasa Jepang secara komunikatif sebelum bekerja di pariwisata. Penelitian ini membahas metode pembelajaran Bahasa Jepang di Program Studi Bahasa Jepang Universitas Bali Dwipa. Model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah pendekatan Systemic Functional Linguistic dengan metode Field, Tenor, dan Mode. Objek pembelajaran diterapkan pada mahasiswa Semester I dan II Universitas Bali Dwipa. Field berkaitan dengan; siapa yang mengajar, siapa yang diajar, untuk apa diajar termasuk bagaimana cara mengajar. Tenor berkaitan dengan bagaimana bentuk modalitas yang digunakan dalam proses pembelajaran termasuk bentuk-bentuk kalimat yang digunakan komunikasi antara dosen dan mahasiswa. Mode berkaitan dengan; tujuan mahasiswa belajar Bahasa Jepang, gaya bahasa dan jenis bahasa yang digunakan. Model pembelajaran ini merupakan pengembangan teori linguistik dan ilmu pembelajaran sehingga model pembelajaran ini bahwa linguistik tidak bisa dilepaskan dalam dunia pendidikan. Hasil pembelajaran ini sangat efektif diterapkan untuk pembelajaran Bahasa Jepang. Hasil Model pembelajaran ini memberikan inspiratif bagi mahasiswa dan dosen-dosen lainnya karena model pembelajaran ini mengedepankan ketepatan dan keakuratan fungsi bahasa sehingga kebermanfaatan pembelajaran ini perlu dikembangkan.

Downloads

Published

2025-07-01

Issue

Section

Articles