EFEKTIVITAS PEMAKAIAN PADLET SEBAGAI MEDIA KOLABORATIF DALAM PEER RESPONSE PADA PEMBELAJARAN SAKUBUN 1
Keywords:
efektivitas Padlet, peer feedback, Sakubun,, media kolaboratifAbstract
Penelitian ini membahas mengenai peran penting aplikasi Padlet untuk meningkatkan kemampuan dan minat menulis mahasiswa pada mata kuliah Sakubun 1 di Program Studi Sastra Jepang Fisib Unpak. Urgensi penelitian ini adalah kebutuhan akan solusi untuk mengatasi masalah rendahnya minat dan kualitas hasil tulisan dalam bahasa Jepang mahasiswa Sastra Jepang Fisib Unpak, yaitu dengan memanfaatkan teknologi yang dapat memfasilitasi pembelajaran yang lebih interaktif dan kolaboratif. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas Aplikasi Padlet sebagai media kolaboratif dalam peer response untuk meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa dan meningkatkan motivasi mereka dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk melihat peningkatan minat menulis mahasiswa, yang diindikasikan melalui partisipasi aktif dan respons positif terhadap penggunaan Padlet. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain pre-eksperiment. Desain yang diklasifikasikan sebagai pre-experimental adalah eksperimen yang hanya melibatkan satu kelompok dan tidak ada kelompok pembanding atau kontrol. Hasil penelitian ini adalah Penggunaan Padlet dalam pembelajaran Sakubun 1 efektif meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa. Mayoritas mahasiswa aktif menggunakannya, merasa terbantu dalam memahami struktur dan tata bahasa, serta mendapat manfaat dari umpan balik sejawat. Selain meningkatkan kualitas tulisan, Padlet juga memperkuat percaya diri, motivasi, dan keterlibatan belajar. Meski ada kendala seperti kurangnya umpan balik dan keterbatasan internet, sebagian besar mahasiswa ingin terus menggunakannya dengan perbaikan.