RESPONS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL NUMERASI BERORIENTASI ETNOMATEMATIKA BUDAYA BALI
DOI:
https://doi.org/10.36733/pemantik.v4i2.9846Keywords:
Respons, Numerasi, EtnomatematikaAbstract
Numerasi dimaknai sebagai kemampuan untuk menggunakan matematika dalam berbagai situasi kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengertahui respons siswa dalam menyelesaikan soal numerasi berorientasi etnomatematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan 31 siswa kelas VIIIB. Respons siswa dikumpulkan dengan menggunakan angket dan lembar wawancara yang kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata respons siswa setelah mengerjakan soal numerasi berorientasi etnomatematika sebesar 71% dan berada pada kategori baik. Siswa tertarik dan senang dengan adanya penggunaan konteks budaya pada soal, meskipun mereka belum mampu menyelesaikan soal dengan baik. Siswa belum terbiasa mengerjakan soal numerasi dan menganggap soal yang diberikan sulit.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Oka Lanang Jaya Natih, Ni Komang Widya Astuti, Kadek Rahayu Puspadewi, I Made Dharma Atmaja, Putu Ledyari Noviyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.