PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) BERBANTUAN WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Made Puput Aryani Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Wayan Widana Univeritas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Putu Winda Marhayani Wijaya Univeritas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36733/pemantik.v4i2.9537

Keywords:

Hasil belajar, Model TGT, Model kooperatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik di kelas X 7 SMA Negeri 7 Denpasar dengan menerapkan model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Berbantuan Website. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X 7 SMA Negeri 7 Denpasar sebanyak 41 siswa yang terdiri dari 23 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Adapun hasil dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan pada persentase ketuntasan klasikal dari 9,75% pada tes kemampuan awal menjadi 82,80% pada akhir siklus I dan setelah dilakukan refleksi pada proses pembelajaran siklus I dan melakukan perbaikan pada proses pembelajaran siklus II, terjadi peningkatan hasil belajar menjadi 92,70% pada akhir siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Berbantuan Website dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas X 7 SMA Negeri 7 Denpasar.

Downloads

Published

01-09-2024