PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) BERBANTUAN WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.36733/pemantik.v4i2.9537Keywords:
Hasil belajar, Model TGT, Model kooperatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik di kelas X 7 SMA Negeri 7 Denpasar dengan menerapkan model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Berbantuan Website. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X 7 SMA Negeri 7 Denpasar sebanyak 41 siswa yang terdiri dari 23 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Adapun hasil dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan pada persentase ketuntasan klasikal dari 9,75% pada tes kemampuan awal menjadi 82,80% pada akhir siklus I dan setelah dilakukan refleksi pada proses pembelajaran siklus I dan melakukan perbaikan pada proses pembelajaran siklus II, terjadi peningkatan hasil belajar menjadi 92,70% pada akhir siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Berbantuan Website dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas X 7 SMA Negeri 7 Denpasar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Made Puput Aryani, I Wayan Widana, Putu Winda Marhayani Wijaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.